Herbsttrip 2016

Akhirnya gue liburan lagi. Kali ini ga tanggung-tanggung tiga kota di tiga negara selama empat hari empat malam, yaitu Tallinn di Estonia, Helsinki di Finlandia dan Riga di Latvia. Masing-masing negara gue kunjungi selama satu hari. Hanya Helsinki saja, kota yang sudah pernah gue kunjungi sebelumnya pada dua setengah tahun lalu. Jadi, gue ke sana sih sebenarnya cuman mau ketemu lagi dengan Äiti Rika dan anak-anaknya yang lucu-lucu. Waktu itu Rika dengan baiknya menampungku dua malam di rumahnya.

Kenapa gue memilih negara-negara tersebut dan di musim dingin pula? Karena tiket mereka murah. Mahahaha. Dulu saat gue di Helsinki, Rika selalu bilang, kalau gue harus ke Tallinn karena di sana bagus. Kapal ke sana juga ga mahal. Gue pikir, kenapa engga dibalik, gue ke Tallinn lalu dari sana gue ke Helsinki. Dan benar saja, tiket ke Tallinn dari Bremen dengan Ryanair hanya sekitar 22 Euro. Lalu gue terinspirasi dari teman lain yang pergi ke Stockholm, lalu terbang ke Sofia dan dari sana pulang lagi ke Jerman, jadi gue lihat-lihat di Ryanair, negara apa lagi yang di sekitar Estonia yang bisa gue jangkau dengan mudah dan bisa membawa gue pulang ke Jerman setelahnya. Jatuhlah pada Riga. Harga pesawat hanya 30 Euro saja.

Mengapa tidak pulang dari Helsinki? Karena Helsinki ke Hamburg mahal. Ga ada penerbangan murah. Dulu gue ke Helsinki lewat Tampere, yang harus gue tempuh dengan menggunakan kereta. Lalu gue nginap semalam di Dream Hostel di sana, karena penerbangan ke Bremen adanya pagi. Finlandia mahal bok, jadi big no deh gue ke Tampere lagi. Jadilah gue ke Riga, sebelum pulang ke Jerman. Bis dari Tallinn ke Riga pun gue menemukan yang super murah, yaitu tiga Euro saja. Jarak tempuh empat jam, tapi gue rasa itu bukan hal besar, mengingat harganya yang jongkok. Kapal pulang pergi Tallinn – Helsinki hanya 33 Euro. Murah, kan?

Singkatnya, perjalanan panjang gue begini: Di hari pertama, gue pergi dari Hamburg ke Bremen menggunakan bis sekitar 1,5 jam. Dari Bremen ke Tallinn menggunakan pesawat dua jam. Gue sampai di Tallinn malam. Hari kedua, pagi-pagi benar gue naik kapal ke Helsinki selama dua jam. Pulangnya malam dengan menggunakan kapal lagi selama dua jam ke Tallinn. Hari ketiga gue jalan-jalan di Tallinn. Hari keempat gue naik bis ke Riga selama empat jam. Hari kelima gue pulang naik pesawat ke Bremen dan lanjut dengan bis ke Hamburg selama 1,5 jam.

Gue sampai ke kosan malam, karena dari Bremen langsung ngebakso Malang di rumahnya teman. Besoknya gue kecapean dan tidur seharian, karena perjalanan yang panjang dan selama di kota-kota tersebut gue kebanyakan jalan kaki. Apa lagi saat di Helsinki. Ga terasa jalan dari pagi sampai malam.

Tulisan terkait:

Herbsttrip 2016

Herbsttrip: Tallinn (1)

Herbstrip: Tallinn (2)

Herbstrip: Riga (1)

Herbsttrip: Riga (2)

Herbsttrip: Riga (3)

5 thoughts on “Herbsttrip 2016

  1. niee says:

    Mbak ajeengg. Ya ampun udah lama bener yak gak berkunjung ke blog ini. Jadi kangen.

    Pas lihat Ig pas promosi blognya jadi dateng deh 😆

    Btw asik banget yak jalan jalannya. Kalau udah di eropa emang harus banget keliling eropa deh yak 😁

  2. zilko says:

    Wahahaha, langsung borongan postingnya 😛 .

    Ah, iya ya, ide bagus juga itu. Tallinn dijadiin base trus one-day trip ke Helsinki, pasti ngiriit! Ahahahah 😆

Leave a Reply

