Di Tengah

Semuanya berjalan tidak beraturan.

Tadinya kita berpikir semua ini hanya untuk sementara. Kita bertemu, berbincang, lalu pamit. Pamit dengan arti yang sebenarnya, tidak akan pernah ada pertemuan kedua dan seterusnya. Lalu, semua itu tidak berjalan dengan mulus.

Kita bertemu kembali. Kembali bertemu.

Saat tidak bertemu dan ada jarak 2.177 KM dan atau 14.373 KM di antara kita, bisa kita abaikan dengan berpuluh-puluh teks dan beberapa video. Selamat! Ya, selamat! Semua berjalan dengan tidak sesuai rencana.

Baiklah, tidak semua memang. Ada yang masih berjalan sesuai dengan rencana, yaitu kita berdua masih saling mencari, karena masing-masing sadar, arahnya bukan ke 2.177 KM ke selatan dan bukan ke 14.373 KM ke tenggara. Masih ada titik 0 KM yang bahkan sebenarnya adalah jarak terbesar di antara kita, yang bahkan tidak ada yang ingin berisiko menyeberanginya.

Kita berdua sudah saling tidak mengerti, mengapa kita harus bertahan di sini. Mengapa masih harus menghabiskan waktu dengan menuliskan serangkaian kata di komputer mikro di tangan, jika jawabannya hanya es yang menyakitkan hati. Tidak hanya itu, undangan pun sudah sering ditolak dengan ucapan terima kasih bernada sarkastik.

Ada banyak hal yang ingin disampaikan selain tiga kata semalam itu. Panjangnya akan setengah dari makalah ilmiah jika saja diizinkan untuk diteruskan, tapi semua itu tidak diperlukan, karena akhirnya sudah ditentukan sedari awal.

Serangkaian kata tiap malam yang dikoar-koarkan itu sebenarnya hanya satu arah dan tidak bisa disebut sebagai komunikasi. Tuntutan yang keluar sejak lama sudah dihapuskan. Kita mundur, tidak ke titik nol, melainkan lebih belakang dari itu. Entah di titik minus berapakah kita berada.

Sampai titik nol tersebut itu hilang, kita tidak akan benar-benar meninggalkan ribuan kilometer yang tipisnya seperti selembar ingatan.

 

Im Grenzbereich: zwischen Liebe und Hass.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s