Rambutku Mahkotaku 2

Akhirnya gue udah ke dokter kulit. Di sana dihitung berapa besar si pimut untuk dicatet di komputer. Selain itu, dokter juga nanya apa saya sedang stres. Saya jawab, “ya.. kira-kira begitu, Dok.” dengan nada ragu. Tau apa yang dia tulis di komputer? “Sedang stres sekali”. Yuk mari, Dokter.

Saat baru datang, gue langsung menyebutkan gue mengalami Kreisrunder Haarausfall. Ternyata itu termasuk istilah khusus kedokteran, karena dokter bertanya apa saya sudah mencari tau tentang itu di internet, karena saya bisa menyebutkan itu Kreisrunder Haarausfall. Saya jujur mengatakan sudah baca banyak artikel di internet tentang hal itu. Dia lalu menyetujuhi, si pimut saya ini memang Alopecia Areata, walau di lasi tersebut masih terlihat rambut tumbuh.

Agar menenangkan hati saya yang kalut dengan pimut, dokter memberikan saya obat oles yang harus saya gunakan sehari sekali, tidak hanya itu, saya juga melakukan tes darah. Sebagai orang yang takut jarum suntik, saya kalut sendiri melihat 5-6 suntikan yang digunakan untuk menampung darah saya. Tes darah besar, kata si perawat. Dia juga menyarankan saya untuk periksa kandungan biotin dengan harga 30€ dan tidak dibayarin oleh asuransi. Karena sangat disarankan untuk penderita kerontokan rambut, maka saya ambil juga.

Hasil tes darah sebenarnya bisa dilihat dua hari setelahnya, tetapi saya biarkan saja sampai tiga minggu ke depan, sekalian konsul kedua. Tempat prakteknya sebenarnya cukup dekat dengan tempat tinggal saya, hanya jalan kaki 20-30 menit atau naik bus dua kali yang jadwalnya ga sinkron, tapi karena kedua alasan tersebut lah saya males bolak balik ke sana. Tiga minggu juga sekalian untuk dilihat apa ada kemajuan, terutama dari salep yang gue gunakan.

Soal perawatan rambut dan kulit kepala bukan penyebab dari pimut itu. Sama sekali bukan, kata si dokter. Penyababnya adalah yang ada di dalam diri atau stres. Hal ini yang membuat salah satu atau mungkin beberapa zat yang diperlukan kulit kepala dan rambut tidak bisa mencapai ke kulit kepala, lalu hasilnya adalah membuat botak di satu tempat secara bersamaan. Melegakan sekali, karena berarti bukan salah saya sepenuhnya, yang males melakukan perawatan. Jeleknya, karena itu gue jadi males lagi pake tonik rambut 😛

8 thoughts on “Rambutku Mahkotaku 2

  1. mrspassionfruit says:

    Aku juga take biotin supplement krn rambut rontok… dulu kira2 5 tahun lalu juga sempet rontok parah sampe ada pitaknya di depan, tapi masih ada anak rambut yang tumbuh. Ikut terapi di Jakarta and lumayan banget lagi.

  2. zilko says:

    Hehehe, jangan stres2 dong kalo begitu 😛 .

    Hahaha, itu dokternya ya, bisa membaca jauh. Dibilang stres biasa dibilang stres banget, hahaha 😆

Leave a Reply

