Tak Apa

Di bandara

Ibu: Gak apa, masuk aja!

Katanya ke si anak yang takut-takut mendekati pintu keluar di terminal kedatangan domestik. Mata bergantian menatap mata ibunya dan petugas bandara di samping kanannya.

Saat anak tersebut benar mendekati pintu keluar untuk menyambut keluarganya, petugas meneriakanya untuk mundur.

Di dalam KRL

Ibu: Ga apa! Susah lepas pasang sepatunya!

Bukan berseru kepada anaknya yang baru berusia beberapa bulan, tetapi ke nenek si anak yang menyuruhnya untuk melepaskan alas kaki si cucu yang ingin sekali berdiri di atas bangku dalam KRL.

Di dalam KRL

Ibu: Ga apa, lah! Repot gini kalau ke sana!

Satu menit sebelum pintu KRL ditutup sepasang suami istri loncat masuk ke dalam kereta. Bayi mereka terpangku manis di gendongan ibunya. Si suami membawa sebuah koper besar dan kardus cokelat. Mereka sadar sedang berada di gerbong yang salah, gerbong khusus wanita.

Istri bersikeras untuk tetap berada di gerbong tersebut, dengan alasan repot membawa bayi dan kedua barang berat melintasi penuhnya gerbong itu. Dan mereka pada akhirnya terpaksa melakukannya, setelah petugas menegur mereka.

 

***

Mungkin karena itu kita tidak merasa bersalah dengan pelanggaran peraturan-peraturan yang ada, karena kita terbiasa dengan kata-kata pembuat ketenangan hati, “tidak apa-apa” saat melakukannya.

Ayolah, berhentilah melakukannya. Lakukan apa yang hati katakan, yaitu menaati perturan. Bagaimana kita bisa berubah menjadi lebih baik, kalau peraturan kecil saja bisa kita abaikan hanya dengan kalimat sakti “ga apa”?

Advertisements

6 thoughts on “Tak Apa

  1. zilko says:

    Sayang banget ya. Banyak “excuse” untuk melanggar aturan yang sudah ada 😦 . Apalagi kalau dari kecil sudah “dicontohin”/”diajarin” begitu…

  2. Asop says:

    Dari kecil sudah diajari melanggar aturan, sayang banget…. 😦

    Nanti ada lagi soal membuang sampah sembarangan. Saya pernah lihat anak kecil yang digendong orang tuanya, membuang bungkus permen. Sama ibunya yang menggendong dibiarkan saja. Mereka ngeloyor pergi. Oh gosh…. 😡

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s