Hannover – Ibukota Provinsi Niedersachsen dan Papah

Kemarin setahun yang lalu Papah meninggal. Seperti halnya saat Papah berulang tahun bulan Oktober lalu, kemarin saya juga jalan-jalan untuk menambah ikatan batin Papah dengan saya. Kalo kata nyokap, “berdoa bukan jalan-jalan,” tapi saya maunya kan jalan-jalan sambil berdoa *alesan kamu, Jeng!*

Dulu saya ingin banget jalan-jalan dengan orang tua, tapi bisanya cuman kirim kartu pos kalau saya pergi. Makanya saya maunya sekarang seperti ini, anggap aja lagi jalan dengan Almarhum.

Kali ini saya memilih Hannover sebagai tujuan.

Hannover adalah ibukota provinsi Niedersachsen (lower saxony) yang letaknya kurang dari dua jam dari Hamburg dengan menggunakan kereta regional. Sebenarnya ada kereta Hamburg-Hannover tapi ga banyak, jadi kemarin saat pergi saya harus transit selama 13 menit di Uelzen, sebelum meneruskan perjalanan dengan kereta arah Göttingen. Pulangnya saya beruntung dapat kereta langsung ke Hamburg.

Saya sampai jam 12.15 waktu Jerman. Hari yang terik sekali dan di tengah kota ramai sekali. Aneh juga hari senin dan pusat perbelanjaan ramai, pada engga kerja apa ya? Kaya saya 😛

Saya kira Hannover itu kota kecil membosankan, seperti Stade. Tapi engga kok, memang sih jauh lebih kecil dari Hamburg, tapi ga membosankan. Banyak sekali gedung dan bangunan tua nan cantik. Jalanan rapih dan warna-warni, saya merasa seperti sedang di luar Jerman.

Lihat di internet, di Hannover juga ada Planetarium, tapi sayangnya pertunjukannya ga sebanyak dan ga sesering di Hamburg, bahkan cuma untuk grup anak sekolah saja. Jadi saya batal ke sana, tapi saya menemukan observatorium dari rute bus yang akan saya tumpangin.

Saya bela-belain deh setengah jam naik bus sambil ngantuk-ngantuk (karena sebelumnya minum obat anti alergi yang menyebabkan kantuk), begitu sampai saya kecewa. Observatorium tutup dan bukan untuk umum. Di depannya ada tulisan “dilarang masuk”. Sepertinya dulu memang terbuka untuk umum dan ada pertunjukan tiap hari kamis.

Tiket yang saya gunakan untuk ke Hannover adalah tiket regional Niedersachsen. Dengan tiket itu saya bebas keliling kota-kota di Niedersachsen selama datu hari hanya dengan uang 23 Euro. Tiket bisa digunakan sampai lima orang, tiap penambahan orang harga tiket naik tiga euro. Lebih baik sih pakai tiket ini ramean sampai lima orang ya, harganya bisa jauh lebih murah.

Saya suka sekali dengan Hannover, walau temen-temen Jerman saya bilang Hannover kota yang membosankan. Di sana sebenernya banyak juga kok yang dilihat, sama dengan di Hamburg, bedanya karena kotanya lebih kecil jadi lebih sepi juga. Itu juga menarik bagi saya, yang suka pusing liat orang banyak.

Kalau nanti ada kesempatan disuruh pindah, saya mau deh pindah ke sini. Hihihi.

Hijau

Hijau

Dilarang masuk observatorium

Dilarang masuk observatorium

Observatorium

Observatorium

Hijau

Hijau

Liebeszeignis

Liebeszeugnis

Gembok cinta di tepi danau

Gembok cinta di tepi danau

Gembok cinta

Gembok cinta

Danau Hannover

Danau Hannover

Rathaus Hannover dari depan

Rathaus Hannover dari depan

Rathaus dari belakang

Rathaus dari belakang

Rathaus Hannover dari belakang

Rathaus Hannover dari belakang

Rathaus dari dalam

Rathaus dari dalam

Museum dekat Rathaus

Museum dekat Rathaus

Ga tau gedung apa

Ga tau gedung apa

Kantor pemerintahan Hannover sekarang

Kantor pemerintahan Hannover sekarang

Hannover 1945

Hannover 1945

Rathaus 1939

Rathaus 1939

Martin Luther

Martin Luther

belakang gereja

belakang gereja

Tiket Neidersachsen

Tiket Neidersachsen

NO HAGIDA

NO HAGIDA

Central Station

Central Station

Gereja-gereja

Gereja-gereja

Gereja

Gereja

GEreja

GEreja

Sepertinya hanya gedung appartemen dan toko biasa

Sepertinya hanya gedung appartemen dan toko biasa

mobil dan gedung

mobil dan gedung

Dalam gereja

Dalam gereja

Dalam Gereja

Dalam Gereja

Dalam Gereja

Dalam Gereja

7 thoughts on “Hannover – Ibukota Provinsi Niedersachsen dan Papah

  1. zilko says:

    Niedersachsen itu state ticketnya daerah Jerman sana ya? Dulu aku juga pakai state ticket buat jalan-jalan di Jerman sama beberapa teman. Jadi murah banget memang ya, hahaha 😆

    • mariskaajeng says:

      Niedersachsen (Loser Saxony) itu nama state nya, Ko. Nama tiketnya tergantung nama state-nya. Murah yaa, seharian cuman 5 Euro kalo pergi sampe berlima 😁

Leave a Reply

