Serba-Serbi FSJ Jilid 2

Setelah beberapa tahun lalu saya mengeluarkan Serba-serbi FSJ dan berjanji meneruskan ternyata hanya omong kosong, sekarang beneran nih saya akan menjawab pertanyaan yang sudah masuk secara pribadi ke e-mail saya atau nulis komentar di tulisan yang itu.

1. Apakah dapat Wohnungsgeld alias uang tempat tinggal?

Dulu saya iya dapat. Besarnya maksimal 200 Euro. Uang sewa saya dulu per bulannya 250 Euro, ditutupi oleh kantor 200 Euro, jadi sisanya bayar sendiri. Yang kasih uang ini bukan Arbeitsträger atau agen FSJ, tetapi kantor di mana saya bekerja. Dalam hal ini lembaga untuk orang berkebutuhan khusus tersebut.

Mengutip dari Libertymeivert, sekarang Taschengeld yang diterima 400 Euro dan Wohnungsgeld 250 Euro. Ih lebih besar dari tahun saya! 🙂

Uang ini tidak didapatkan begitu saja, melainkan harus beantragen ke kantor. Dulu saya ga tau soal ini, taunya setelah beberapa bulan kerja.

2. Hamburg salah satu kota mahal, apakah uang saku mencukupi?

Selain uang saku dan uang sewa wohnung, saya juga dapat fasilitas dibayarin asuransi kesehatan dan tiket transportasi dalam kota, sehingga uang saku saya sangat cukup. Malahan ada lebihnya dan itu bisa saya tabung rutin tiap bulan.

3. Apakah ada fasilitas Wohnung dari kantor? Kalau tidak, di mana mencari Wohnung?

Kantor saya tidak. Karena itu dapat uang sewa wohnung. Untuk mencari wohnung, coba googling aja, niscaya banyak sekali info yang keluar. Website yang sering dipakai adalah wg-gesucht.de. Cari di Wohnung di HH susah? Ember. Saya dulu tiap malam kerjaannya cuma mantengin website itu dan lainnya untuk dapat info baru.

4. Perlu sertifikat bahasa dan ijazah sekolah?

Sertifikat bahasa engga. Ijazah sekolah saya lupa, kalau engga salah sih dulu diminta lampirin ijazah pendidikan terakhir. Tiap agen syaratnya mungkin beda-beda, sebaiknya tanya mereka langsung.

5. Visa apa yang digunakan untuk FSJ?

Visa FSJ. Bukan kerja dan bukan sekolah. Visa ini bisa kita beantragen dengan surat keterangan yang diterbitkan oleh Arbeitsträger (agen) kita.

6. Apa ada tes sebelum diterima FSJ?

Ga ada sih. Tapi kita harus semacam wawancara dan percobaan kerja di tempat yang kita tuju. Kayanya di tulisan pertama sudah saya ceritakan ya.

7. Perlu uang sebesar blablabla di Sperrkonto kita untuk bisa visa FSJ?

Nope. Karena kita dapet surat pengantar dari agen yang menyatakan kita diterima FSJ di tempat mereka. Dengan kata lain, mereka yang menjamin kita.

8. Bisa ngapain setelah menjadi FSJ?

Bisa kuliah, sekolah Ausbildung, ikut Sprachschule, persiapan masuk universitas (Studeinkolleg), langsung kerja beneran dan lainnya. Yang ga bisa: balik jadi Aupair.

9. Apa bisa mulai FSJ sebelum kontrak Aupair habis?

Secara teori bisa, kalau keluarga Aupairnya memperbolehkan. Lebih baik dibicarakan langsung dengan keluarga Aupairnya.

10. Apa FSJ selalu dibuka bulan September (atau bulan tertentu lainnya)?

Tergantung kamu FSJ di mana. Dulu saat saya sedang mencari tempat, banyak yang menawarkan mulainya September, sedangkan saya butuh bulan Juli. Alhamdulillah di tempat saya (yakin deh, banyak tempat lain yang juga sama) tidak ada waktu khusus kapan dibuka “lowongan” ini.

11. Mau jadi FSJ harus Aupair dulu?

No. Big NO.

12. Sehabis FSJ saya mau lanjut ke Ausbildung, syaratnya apa?

Saya sayangnya tidak tahu. Silahkan tanya ke tempat Ausbildung yang kalian tuju.

13. Sehabis FSJ saya mau lanjut kuliah, syaratnya apa?

Sama seperti yang di atas, silahkan tanya langsung ke kampus yang dituju. Karena bisa berbeda-beda. Yang jelas, formulir lamaran kuliah, sertifikat bahasa, dan ijazah pendidikan terakhir. Selain itu, saya lupa, maaf.

14. Dokumen apa yang dibutuhkan untuk melamar visa FSJ atau kuliah?

FSJ: Bescheinigung dari agen FSJ, Wohnungsvertrag, Krankenkasse – Bescheinigung, sisanya lupa.. coba tanya Ausländerbehörde.

Kuliah: Zulassung dari Uni, konto tiga bulan terakhir.. sisanya silahkan tanya Ausländerbehörde.

Kayanya itu aja deh yang sering ditanyain. Akan diperbaharui kalau ada yang nanya lagi.

Postingan terkait:

Serba-serbi FSJ

One thought on “Serba-Serbi FSJ Jilid 2

Leave a Reply

