Miniatur Wunderland Hamburg

Bulan Januari ini dari hari senin sampai kamis museum Miniatur Wunderland mengadakan aktion, yaitu masuk gratis untuk para orang dewasa. HUOH!! Kebetulan saya selalu pengen ke sana, penasaran banget, karena itu saya tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini. Oh iya, kalau tidak ada gratisan begini, harga normal untuk masuk ke sana 15,90 Euro. Harga segitu mendingan saya pake buat beli stab mixer deh.

Aktion für Erwachsene

Aktion für Erwachsene

Awalnya pengen ke sana hari Sabtu, pulang kerja, bareng Nida dan Uwi, tapi ternyataa.. Sabtu dan Minggu harga normal, jadilah rencana berubah menjadi hari senin lalu, tanggal 26 Januari. Kebetulan banget saat itu kosong, tapi sayangnya Uwi ga bisa. Dia digantikan oleh Azis yang kebetulan sedang liburan di Jerman atau Eropa untuk tiga minggu dan sudah kembali ke Indonesia Rabu kemarin.

Saya takjub banget dengan Miniatur Wunderland. Kok bisa ya mereka ini bikin miniatur yang detail banget, sampai ada bangunan hancur pun detailnya keliatan banget dan bagus!

After World War 2

After World War 2

Kata Nida, yang sedang melanjutkan kuliah arsitektur, apa yang kami lihat itu ga jauh beda dengan maket. Cara bikinnya, adalah dengan menggambar dulu di papan atau kertas datar apa yang mau ditaro, digambar kotak-kotak itu lah. Setelah kita berjalan-jalan, ternyata yang dia omongin bener, adalah loh miniatur yang sedang dalam proses pembuatan. Dari luar kami bisa melihat papan besar yang sudah dilukis jalanan lalu di pinggirnya ada kotak-kotak dan ditulis mereka akan diisi dengan apa.

How to Build a Maket

How to Build a Maket

How to Build Rom

How to Build Rom

Museum ini besaar sekali, ada beberapa bagian. Bagian pertama, saat pengunjung baru masuk akan disajikan sekitar 10 maket ukuran sedang yang di atasnya tergantung headset dan lyar kecil dengan info seadanya, mereka menceritakan perkembangan sejarah Jerman dari mulai isinya hanya hutan dan sedikit rumah penduduk, sampai kerajaan-kerajaan, atau perkembangan pembuatan pesawat terbang sederhana pada saat itu.

Die Geschichte des Deutschland

Die Geschichte des Deutschland

Die Geschichte des Deutschland

Die Geschichte des Deutschland

Die Geschichte des Deutschland

Die Geschichte des Deutschland

Die Geschichte des Deutschland

Die Geschichte des Deutschland

Setelah itu masuk ke dalam kondisi perang dunia. Ada beberapa diorama yang menggambarkan beberapa perubahan bangunan (yang sama) setelah beberapa tahun saat perang dunia kedua, sayangnya saya ga nyatet dengan detail tahun diorama-diorama itu. Tempat yang dijadikan minitur adalah kota Berlin.

Frieden ist nicht sein - sondern Tun!

Frieden ist nicht sein – sondern Tun!

American Section

You are Leaving American Section

Berlin Demo

Demo

Berliner Mauer

Berliner Mauer

Berliner Mauer

Berliner Mauer

Berlin Kino

Berlin Kino

Erfrisch Richtig Berlin

Coca Cola Werbung

Setelah itu kita akan masuk ke dalam perpolitikan Jerman. Kayanya kemarin itu ada sekitar 10 miniatur yang dibangun oleh partai-partai politik di Jerman, sepertu CDU, die Grüne, SPD, etc, untuk mempromosikan kota seperti apa yang sebenarnya mereka inginkan. Ada yang menggambarkan sebuah kota dengan rimbunan pohon dan sebuah rumah pohon di tengahnya di sebelah kanan, lalu di sebelah kirinya adalah kota lebih modern tapi dingin, ternyata mereka ingin memberi pesan, jangan sampai kota kita menjadi seperti di sebelah kiri. Ada juga kota yang di pusat kotanya sedang dilaksanakan pernikahan sejenis kelamin dengan dihadiri dari perwakilan agama-agama dan kebudayaan, maaf ya saya ga foto yang ini.

Utopia Politische Partai

Utopia Politische Partai

Setelah itu, kita akan masuk ke dalam miniatur yang sesungguhnya. Dimulai dari negara Swiss. Besaaar sekali! Yang mengejutkan, mereka tidak menjaganya dengan kaca dan jarak dengan pengunjung sangaaat dekat! Ceritanya itu di sana ada tebing batu khas Swiss dan di bawahnya sebuah stasiun kereta yang besar lengkap dengan kereta-kereta yang berjalan!

Switzerland and The Train

Switzerland and The Train

Switzerland and The Train

Switzerland and The Train

Switzerland and The Train

Switzerland and The Train

Switzerland und der Bahnhof

Switzerland und der Bahnhof

Kalau mau lihat cara kerja pabrik seperti pabrik cokelat Lindt dan pabrik semen Holcim juga bisa dilihat sini. Mereka semua bisa bergerak, jika tombol di pagar pembatas dipencet. Untuk pabeik Holcim, kita bisa melihat saat crane dan alat berat lainnya bergerak. Ada sebuah kejutan loh dari pabrik cokelat Lindt, selain bisa melihat cara kerja pabrik cokelat, kita juga bisa bawa pulang sebuah cokelat Lindt ukuran kecil! Tapi jangan kecewa saat menunggu pabrik mengeluarkan cokelat di malam hari, karena ternyata saat malam pabrik tidak produksi barang, jadi harus menunggu sampai siang lagi.

Tentang malam dan siang maksud saya bukan sesungguhnya ya, tapi di Miniatur Wunderland ini kondisinya bisa diubah menjadi malam, lampu besar di musem dimatikan, lalu secara otomatis lampu-lampu di maket pada nyala. Keren banget! Apa lagi matainya juga perlahan, persis seperti saat siang ke sore lalu ke malam, dan sebaliknya, malam ke subuh dan ke pagi hari.

Look what she holds in her hand, a tiny Lindt chocolate!

Look what she holds in her hand, a tiny Lindt chocolate!

Lindt Fabrik Schokolade

The Tiny Chocolate from Lindt

Holcim Manufactory at Night

Holcim Manufactory at Night

Holcim Fabrik bei Tag

Holcim Manufactory at Day

Pernah ikutan festival musik atau pawai ga? Di sini juga ada loh. Setelah Swiss dan sebelum pabrik cokelat kita bisa lihat sebuah pawai kapal-kapalan yang ceritanya mereka menuju pinggir sungai dan bersiap “melemparkan” kapal yang sudah mereka hias ke bawah sana. Engga jauh dari sana, ada suasana festival musik yang ceritanya dihadiri oleh ribuan orang. Open air theater juga ada, kalau ga salah ini adanya di bagian USA deh.

Music Festival

Music Festival

Music Festival

Music Festival

Open Air Theater

Open Air Theater

Umzug

Umzug

Umzug

Umzug

Iya benar, selain Swiss ada juga kok negara-negara lain, misalnya Amerika, Finlandia lengkap dengan saljunya, dan kapal-kapal laut besar dari Skandinavia.

Mount Rushmore

Mount Rushmore National Memorial

Somewhere in America

Somewhere in USA

Murica

USA

Real Water

Scandinavia – it’s a real water

Scandinavia Harbour

Scandinavia Harbour

Scandinavia Harbour

Busy Day at the Harbour

Scandinavia Harbour

Busy Day at the Harbour

Snow

Let it snow

Tentu saja kota-kota di Jerman juga ada, terutamaaaa HAMBURG!

Es staut sich

I guess it is somewhere in Hamburg

Imtech Arena HSV

HSV Arena

Landungsbrücken

Landungsbrücken – Hamburg Harbour

Firetruck

The Building is on Fire!

Hamburg Altona

I couldn’t recall Altona Bahnhof has a bridge like that

Hamburg Rödingsmarkt

Hamburg Rödingsmarkt

Hamburg Rödingsmarkt

Hamburg Rödingsmarkt

Kota-kota lain di Jerman..

Somewhere in Deutschland

Somewhere in Deutschland

Somewhere in Deutschland

Somewhere in Deutschland

Somewhere in Germany

Hamburg hauptbahnhof

Pasar Malam

Pasar Malam

Mau liat simulasi bandar udara? Di sini juga ada bandara Bayern Knuffingen. Lapangan terbangnya luas sekali. Sampai dibuat satu ruangan. Dari ujung bisa keliatan pesawat yang berjalan, ceritanya baru mendarat dan lagi berjalan cari tempat parkir. Bersamaan dengan itu, ada juga pesawat yang berjalan pelan-pelan, lalu wush! Dia lepas landas! Pesawatnya masuk ke dalam tembok bergambar langit yang bergeser ke atas dan terbuka saat pesawat sudah lepas landas. Di atas kami juga ada monitor pesawat-pesawat apa saja yang baru dan akan landing atau lepas landas. Keren!

Flugzeugen

Planes

Hamburg Airport

Hamburg Airport

Airport

Airport

Airport

Airport

Airport

Airport

Airport Knuffingen

Airport Knuffingen

Saya pribadi paling suka bandara, keliatan rumit banget dengan banyaknya mobil yang menumpuk di parkiran, misalnya. Simulasi pesawatnya juga kereeenn, ada beragam pesawat juga di sana. Jadi kepikiran deh, mereka ini sponsor kali ya? Kebayang dong harga tiket masuknya berapa kalo engga ada sponsor :-/

Di sini jadi tempat nyaman buat belajar foto macro juga. Pas banget dengan saya yang memang suka. Setelah liat hasil-hasil foto jadi depresi sih saya, foto-fotonya engga ada yang bagus 😦 Ga konsen bener pas motret.

Kemarin itu saya sampai di museum jam 15 lebih, ternyata itu waktu yang tepat untuk mengunjunginya, karena kosong! Dalam artian, ga antarian sama sekali. Padahal di website nya dibilangin, sebaiknya daftar online dulu, karena biasanya penuh. Mbak Vita yang datang pada jam yang sama tapi sudah beberapa hari sebelumnya bilang, dia harus menunggu sekitar 15 menit di antrian. Kalau begitu, buat yang mau ke sana, lebih baik datang di hari kerja dan setelah jam 14.

Museum ini buka sampai jam 18 di hari biasa. Saya rasa di dalam hanya dua jam setengah itu waktunya ngepas sekali, awalnya saya lihatin bener-bener, lama-lama jadi asal aja karena sering ada pengumuman museum akan tutup, jadi ikut keburu-buru 😦 Oh iya, jangan lupa bawa uang 50 sen ya, buat nitip jaket atau barang lain. Bawa uang lebih tentu dipersilahkan, karena ada souvernir shop dan di sana bisa borong miniatur-miniatur seperti kereta api yang ada di dalam museum.

Info lebih lanjut bisa dilihat di website mereka (ada video menarik dari mereka juga loh di sana!):

http://www.miniatur-wunderland.com/

Brücke

Vor dem Hamburg Hauptbahnhof

Brücke bei Nacht

Brücke in Hamburg

 Brücke

Brücke – Hamburg

Pet Shop

Pet Shop

Underground

The train is moving

First man on the moon?

First man on the moon?

Underground

Underground

Bahnhof

Bahnhof

Bank

Bank

Thanks for reading! Cheers! 🙂

Advertisements

14 thoughts on “Miniatur Wunderland Hamburg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s