The Big Pictures 2014

Sekitar seminggu lalu saya nonton Galileo yang menayangkan kejadian-kejadian besar yang terjadi di tahun 2014, biasa memang, Galileo selalu mennghadirkan Big Pictures tiap tahunnya untuk melihat kembali ada apa saja di tahun tersebut. Saya jadi pengen ikutan bikin.

Sebenarnya tahun 2011 saya juga pernah bikin, karena menurut saya di tahun itu banyak kejadian menarik, mulai dari saya baru datang ke Jerman (Desember 2010 sih), pindah ke Berlin, masalah dengan imigrasi Hamburg, dan selanjutnya bisa dilihat di sini. Sekarang saya mau bikin lagi untuk tahun 2014.

Awal tahun saya sempat kerja dua minggu di Husum, kerja bersama anak-anak berkebutuhan khusus yang lagi liburan. Di sela-sela waktu kerja saya sempat menghilang jalan-jalan sendiri melihat kota Husum dan pulau Sylt yang cantiknya bikin berdecak kagum. Saya melakukan itu tentu tidak dalam jam kerja, melainkan saat libur. Dari pada bosen di rumah ya, mending jalan-jalan.

Tahun ini memang saya sedikit banyak jalan-jalan. Selain Husum dan Sylt yang nebeng ke kerjaan, saya juga pergi ke Finlandia pada awal Mei. Semester musim dingin tahun lalu saya mengambil mata kuliah bahasa Jerman dan melajutkannya ke semester musim panas, jadi ikutan panas deh untuk beneran ke Finlandia, jadilah saya ke sana naik pesawat murah Ryan Air.

Helsinki Dom

Karena tidak ada penerbangan langsung Hamburg-Helsinki, saya pun pergi dari Bremen dan sampai di bandara kota Tampere, untuk lanjut ke Helsinki atau Kerava, tempatnya Äiti Rika, saya naik kereta. Nginep di Rika dua malam, dan malam terakhir saya habiskan di sebuah hostel di kota Tampere. Sayangnya selama saya di sana hujan, tapi ga surut keinginan jalan-jalan. Terima kasih sekali lagi buat Rika yang mau ditumpangin 🙂 Btw, Kai dan Sami itu beneran lucu loh aslinya. Lucu imut-imut dan lucu perangainya, jadi keinget waktu Sami nangis kejer saat melihat saya keluar dari kamar. Ah, jadi kangen! :’)

Sebelum ke Finlandia, saya mengunjungi Uka di Köln, di sana sekalian ketemu dengan Zia juga. Sebelumnya saya pernah mampir ke Köln di tahun 2012, tapi itu cuma sehari dan hanya ke Photokina saja, untuk jalan-jalan sih belom pernah beneran, jadi bersama Uka saya diajak jalan-jalan keliling Köln.

Dari sana saya melajutkan perjalanan ke Schwäbisch Hall untuk mengunjungi Noe dan anaknya yang imut-imut. Sama kaya Sami, bocah yang saat itu masih 6 bulan itu menangis kencang saat harus duduk berdua dengan saya di dalam mobil di belakang. Ga kenal sih yaa, hahaha.

Pulang dari sana, saya mampir ke Wannheim mengunjungi Teh Dian dan merampok isi kulkasnya, lalu kembali ke Heidelberg, karena bis menuju Hamburg harus saya naiki dari sana.

Hiedelberg Schloss

Akhir Juni saya kedatangan sahabat dari Tangerang, yaitu Vino. Dengan dia saya sudah berteman lebih dari 20 puluh tahun, dari jaman SD! Dia ga lama di Jerman, karena nginepnya di Belanda. Kalau engga ada saya, dia engga akan ke Jerman, katanya. Karena waktu yang mepet, saya hanya bawa dia keliling Hamburg dan Berlin. Di Hamburg kami masuk ke dalam Rathau (kantor pemerintahan) Hamburg, belom pernah saya lakuin sebelumnya loh! Di Berlin kami masuk ke gereja katedral Berlin, yang saya sebelumnya belom pernah masuki. Di Berlin juga hanya beberapa jam karena PP dan kereta paling malam ke Hamburg itu jam 18.35. Engga tau deh kenapa sama bahn.de, padahal biasanya pulang jam 19.22 masih bisa, sekarang di atas jam 18 harus naik bus dan itu ga bisa pakai tiket schönes Wochenende, yang kami punya. Pulang dari sana kami makan di restoran Turki di Altona.

Jalan-jalan bareng Vino di Hamburg (dia ga dimasukin karena saya belom izin :-p)

Pertengahan Juli saya pulang ke Indonesia. Pesan tiket lumayan mendadak, yaitu sebulan sebelumnya, karena saya memang tidak berniat untuk pulang sebelumnya. Kebetulan sekali, di tanggal ini Papah saya berpulang. Rencananya saya akan pulang malam waktu Jerman, pagi waktu Jerman Papah meninggal di mesjid samping rumah. Kira-kira di Indonesia masih siang, menjelang Dzuhur. Eerr.. sebenarnya pengen banget ngomongin Papah, tapi dada jadi sesak, jadi sudahi saja ya.

Meninggalnya Papah ini, termasuk dalam Big Picture tahun 2014 saya, selain itu juga meninggalnya Abah, Kakek saya dari pihak Papah. Beliau meninggal hampir 40 hari setelah meninggalnya Papah. Kalau Papah meninggal saat saya akan pulang ke Indonesia, Abah berpulang lima jam setelah saya mengunjungi Beliau untuk pamit pulang ke Jerman. Iya, Abah pergi saat saya juga pergi ke Jerman. Di malam yang sama. Aku merindukan kalian, Pah, Abah..

Pergi dan pulang itu kerabat. Di tahun ini, sebelum saya pulang ke Indonesia, saya bertemu dengan seseorang. Iya si Permen Karet. Kalau pernah baca postingan sebelum-sebelumnya, saya sering cerita tentang dia. Ga ada apa-apa dengan kami, tapi saya suka saja bercerita tentangnya. Karena dia, saya jadi ingat hobi saya saat kecil, melihat bintang dan langit malam. Karena dia juga, saya jadi ingat, dulu Papah dan saya sering keluar malam dan ke lantai dua mesjid atau loteng jemuran Uwa Akah di samping rumah untuk melihat gerhana bulan. Karena Papah, saya jadi suka bengong malam-malam melihat ke arah langit.

Bulan Oktober kemarin saya dapat hadiah teleskop, sesuatu banget, karena sudah lama pengen liat langit malama pakai itu. Sayangnya, sampai sekarang belom kesampaian, karena saya engga bisa menggunakannya. Nanya ke temen jurusan Fisika, dia juga engga ngerti karena di kuliah engga berhubungan dengan astronomi dan sudah lama sekali ga gunain teleskop lagi. Harus tetap nunggu si pemberi teleskop datang ke Hamburg ini mah.

Black Beauty

Oh iya, di bulan yang sama, saya pergi ke Bremerhaven di ulang tahun Papah. Postingannya bisa dibaca di sini, foto-fotonya juga. Saya sempat ke kebon bintang juga di sana. Pulanganya saya ke Bremen dan bertemu dengan Permen Karet, kami sempat duduk-duduk di pinggir danau di dekat universitas Bremen. Sayangnya berawan, jadi ga sempat mengamati langit.

Depan sana pelabuhan kontainer

November kemarin saya ke Lisboa ibukota Portugal selama tiga malam. Jadii di sana itu saya merayakan hari lahir ke hampir ganti angka depan. Di sana saya sendirian tapi lalu kenalan dengan flatmate dari Belanda dang berdua kami jalan-jalan. Dua hari pertama hujan turun ga henti, di hari ketiga, tepat dengan ulang tahun saya, matahari bersinar terik sampai 18°C dan membuat kulit saya gosong, saat itulah saya dan flatmate jalan-jalan, lalu makan malam bareng.

Pertengah Desember lalu saya ke Postdam, udah cerita sedikit ya di postingan sebelumnya. Ini gara-gara ultahnya Nda. Terus tahun ini ke mana lagi yaa.. Ke Bandung, pas di Indonesia. Ke Neu Münster buat belanja murah di outlet.

Apropo belanja.. Tahun ini saya belanja melulu deh. Tablet saya beli baru, karena yang lama mati total. Beli kamera baru, menang bidding telepon genggam, sepatu boots, dan jaket di eBay (jaketnya lalu saya jual ke teman), oh laptop juga belinya awal tahun ini, dia udah engga pernah hang lagi looh. Yeah! Di Indonesia, Mamah beliin banyak baju dan jilbab, sampai akhirnya lemari baju saya ga muat lagi. Ssst, saya ga pernah beli baju sendiri loh. Kalau lihat baju di atas 5 Euro itu merasa mahal dan mikir lama banget buat beli, sampai akhirnya malah ga beli. Saya lebih suka ke Ikea dari pada H&M. Lebih milih ke bagian perlengkapan rumah tangga atau kerajinan tangan kalau pergi ke department store.

My new love!

Bulan Desember ini, Kakak kedua saya membuka klinik hewan miliknya dan teman-temannya. Alhamdulillah kesampaian juga apa yang dia mau. Kliniknya di daerah Tangerang, namanya Viva Vet, buat orang Tangerang dan sekitarnya yang mau periksa hewan peliharaan dan atau menitipkannya, bisa ke klinik mereka.

Viva Vet

Keponakan saya yang akan berumur lima tahun dalam waktu dua minggu ini tanggal 23 Desember kemarin disunat. Dia maksa banget pengen disunat, karena.. teman-teman TK-nya ada beberapa yang sudah disunat. HUAHAHAHA anak ga mau kalah! Kakak saya ngirimin video saat dia disuntik bius, mukanya lempeeeng, sempet meringis kecil sih pas disuntik, tapi terus santai aja.. sambil pegang iPad milik rumah sunat. Okay juga nih trik si rumah sunat, anaknya dikasih iPad besar jadinya ga bisa ngintip, selain dialihkan pikirannya. Terus, dokternya juga kocak, pendekatan dengan anak kecilnya dapet banget, becanda terus, jadi suasana santai.

Hmm apa lagi ya..

Oh iya, sekarang saya bukan freelencer lagi, tapi night watcher di kantor. Tiap bulan saya pasti dapet dinas dan gaji selalu sama, ga naik turun drastis. Selain itu, saya cuma kerjain dinas malam doang. Capek sih, karena ga bisa bangun pagi, tapi lumayan lah siangnya saya masih bisa ngapa-ngapain lagi, sebelum atau sesudah kerja. Terus, saya juga ada jatah cuti tiap tahunnya, tentunya cuti juga dibayar, lebih banyak untungnya insya Allah. Semoga cepat bisa gani ke kerjaan beneran setelah ini.

Ah jadi ingat, soal “buku” yang ada namanya sayanya itu. Alhamdulillah ya, walau hanya berkontribusi kecil di buku Surat Untuk Penghuni Surga. Untuk memiliki buku ini harus pesan on-line, setelah melakukan pembayaran, pihak penerbit akan mencetak buku tersebut lalu mengirimkannya. Untuk menghindari kerugian besar, kali ya.. Kocak ya. Tahun depan harus mengeluarkan buku beneran!

Image taken from nulisbuku.com

Yang belom berganti dari saya adalah status mahasiswa. Tugas masih numpuk belum terselesaikan. Semoga akhir tahun ini ada yang beres satu dan tahun depan bisa lulus, atau paling tidak mulai mengerjakan thesis. Aamiin!

Sekian big pictures 2014 saya. Kayanya engga ada yang tertinggal, kalau pun ada.. nanti disusul deh, hahaha. Selamat menikmati hari-hari terakhir di tahun 2014. Guten Rutsch ins neues Jahr wünsche ich Euch!! 🙂

4 thoughts on “The Big Pictures 2014

1. Cincin says:

Siang mbak, saya numpang tanya ttg viva vet. Nomor telpnya apa ya? Saya mau tanya ttg kucing saya tapi no telp yg ada di online tidak nyambung. Terima kasih 🙂