Kesel di Tempat Kerja

Gue lagi kesel. Banget. Sama tempat kerja. Mereka seharusnya bikin sebuah sistem yang bikin nyaman karyawannya kalau ada karyawan sakit dan ga ditemukan pengganti dinasnya.

Hari ini seharusnya jadi hari kerja yang enak buat gue. Di jadwal tertulis jam kerja gue dimulai pukul 17 dan diakhiri pukul 21. Kenyataannya:

1) Karyawan tugas siang sakit, kemaren gue ditelepon dan diminta datang jam 13. Sebenarnya gue diminta datang jam 10, tapi gue tolak karena jam 9 gue mau jemput teman di bandara.

2) Jam kerja gue memang diakhiri tepat pukul 21.30 pada kenyataannya. Yang lebih pahit: setelah itu gue harus tidur di tempat kerja, bangun jam 05.30 dan kerja lagi sampai jam 08.00.

Mau meledak ga sih lo rasanya? Seharusnya itu juga gue kerja sampe jam 9 pagi, tapi gue minta kolega lain dateng cepet karena gue kan sudah “berbaik hati” nginep di kantor gantiin kolega sakit. Gue ga masalah sama kolega yang sakit itu, takdir mana ada yang bisa melawan. Kalau gue siang tadi ga ada kerjaan, gue juga akan senang-senang aja gantiin. Tapi yang bikin gue kesel adalah KENAPA KARYAWAN LAIN KAGAK ADA YANG MAU GANTIIN DIA KERJA SAMPE BIKIN GUE HARUS KERJA TIGA SHIFT GINI????

Keselnya ga kira-kira banget nih gue. Selain itu, kenapa kolega yang tadi pagi udah tau kolega shift malam ga bisa masuk, ga nelepon gue tadi pagi biar gue bisa siapin mental dan barang-barang. Ini mah gue sampe tempat kerja, masih duduk-duduk bengong baru dibilangin, “Björn sakit, nanti malam ga ada yang kerja. Aku lagi cari pengganti dia.” terus baru nelepon kolega-kolega lain. Gue ga suka kejutan, Neng.

Dan kalo lo ngomong dari tadi gue masih di rumah, gue jadinya bisa siapin perlengkapan nginep.  Bisa siapin mental kalo hal terburuk seperti sekarang ini harus terjadi. Baju tidur aja gue ga bawa ini, asik ga sik ntar malem tidur pake jeans?

Gue jadinya tadi sewot sama si Eneng ini. Sampe gue ga enak sendiri. Terus dia setuju datang sejam lebih cepat dari pada jadwal. Gue akan makin sewot kalo dia nolak. Dia sendiri tau gue hari ini empat jam datang lebih cepat dan 11 jam pulang lebih lambat. Selain ke dia, gue juga sewot ke kolega lain yang tadi kerja sampai gue datang. Tadinya gue juga mau sewot kenapa dia ga bilang kalau gue kemungkinan dinas malam, tapi ternyata dia sama sekali ga tau soal itu. Dia malah balik sewot ke sistem kantor dan mempertanyakan sendiri kenapa semuanya pada engga bisa gantiin.

Gue jadi ingat tepat kerja lain yang punya sistem beda sama sini. Di sana mereka kerja sama dengan pihak lain yang memang menyediakan jasa pengganti perawat dadakan. Mereka akan selalu ada saat klien butuh, walau mendadak. Gue sudah kasih ide ini ke kolega yang kedua itu, dia akan meneruskan ke bos, karena dia sendiri posisinya wakil. Semoga aja deh si Bos mau setuju, kalau tidak, akan banyak lagi kejadian serupa terjadi. Gue sendiri bukan pertama kalinya harus mendadak ngerjain shift malam, padahal sebelumnya shift siang.

 

9 thoughts on “Kesel di Tempat Kerja

  1. zilko says:

    Hahaha, memang manis asem pahitnya cerita kerja ya 😀 . Mesti ada yang menggantikan jadwal kerja dll karena satu dan lain hal. Aku juga harus mulai mencari pengganti buat ngajar nih untuk satu minggu dimana aku bakal liburan 😐 /.

  2. rianamaku says:

    Itulah dunia kerja yang koleganya mau menang sendiri…

    Tempat aku aja ada padahal suruh datang lebih awal 1 jam aja alasanya macem macem tapi pas pulang blm juga jam pulang udah beberes mau pulang payah.

  3. lazione budy says:

    enjoy it!
    pernah gue juga lagi santai Senin pagi karena harusnya masuk sore, tiba-tiba suruh dating ke kanotr pagi itu juga karena ada yang mendadak ga masuk. Well, kesel juga sih tapi saya nikmati, enak juga.
    Lihat dari sisi positif.

    • mariskaajeng says:

      kalau ceritanya kaya gitu aku sering dan asik-asik aja, tapi kalau kaya gini yang serba mendadak dan semacam ngasih supraise.. kesal lah aku. tapi positifnya uang bertambah sih, hehe 😀

  4. fibenewyork says:

    Apa ngak ada peraturan untuk jam kerja maksimum dalam satu hari? Hopefully dibayar dengan rate overtime yah mbak. Disini overtime 1.5 lipat gaji biasa ditambah vacation juga. Salam.

    • mariskaajeng says:

      ada jam kerja maksimal, yaitu delapan jam dalam sehari, sayangnya masih sering diabaikan, contohnya ya kalau tiba-tiba kebagian shift panjang dan atau cuma kerja berdua (jadi ga bisa ambil pause). itu dia yang bikin kesal dan semoga saja sistemnya akan diganti lebih baik setelah ini.
      saya ga kena overtime atau pun night rate, karena freelancer. tapi nanti mulai Oktober saya bukan freelancer lagi, jadi overtime bisa ganti dengan libur di lain bulan 🙂

Leave a Reply

