Firasat

Firasat.

Apakah sebenarnya firasat itu?

Mengapa banyak sekali kita mendengar orang bertanya, “Kamu sebelumnya pernah ada firasat hal ini akan terjadi?

Atau,

Orang berkata, “Aku sudah berfirasat tentang ini. Karena begini begitu.”

Apa sebenarnya dia?

Apakah hati tidak tenang dan gelisah salah satunya? Apakah sekarang saya bisa bilang, seharusnya saya pesan tiket pulang benar-benar tanggal 18 Juli. Seharusnya saya sebelum tidur menelepon ke rumah. Seharusnya saya lebih banyak berdoa untuk kesehatan dan umur orang tua saya, bukan melulu tentang diri sendiri.

Atau saya bisa bilang: pantesan saja saya selalu ingat si kenalan yang menurut cerita terpaksa mudik karena ayahnya berpulang dan dia menemukan tiket pesawat last minute murah di salah satu agen di bandara. Pantesan saya selalu kepikiran, bagaimana kalau saya pulang dan salah orang tua saya tidak ada..

Begitu juga hari ini. Tepat saat akan pulang ke Indonesia, dia hari yang sama, Papah saya berpulang. Bukan kabar baik memang. Kakak saya bilang, Beliau sedang berada di mesjid, sehabis memberi sambutan di acara bersama anak-anak yatim dan piatu, Beliau duduk dan menunduk. Sudah begitu saja, damai sekali. Saya iri. Beliau meninggal di bulan terbaik, di tempat terbaik, di acara yang baik, itu membuat saya senang.

Saya masih tidak tahu apa itu firasat. Tapi saya tahu itu semua takdir Allah. Memang takdirnya Aku tidak pulang lebih cepat untuk bertemu Papah. Sudah takdirnya aku besok tidak akan dijemput Papah dan harus puas dengan tidur di kasur Papah.

Aku belum pernah bilang Papah kalau aku sayang Papah. Maafkan aku, Pah.. Allah Maha Mengetahui kalau aku sayang Papah. Aku akan menambah banyak doa untuk Papah.. Dan menjaga Mamah untukmu.. Aku akan memeluk Mamah saat pulang nanti.

Innalillahi wa Innaillaihi rajiun.. Semua adalah milik Allah dan akan kembali ke Allah.

Hamburg, 20 Juli 2014

8 thoughts on “Firasat

  1. syifna says:

    Ajeng, Aku turut berduka cita yaaa …
    semoga amal ibadahnya di terima Allah Swt .. amieeen 🙂
    di tunggu di Jakarta yaaaaaaaaaaaa 🙂

Leave a Reply

