Sose 13

Awal April ini merupakan dimulai kembalinya perkuliahan. Rasanya sih males ya balik lagi, mikir lagi dong, ngerjain tugas lagi dong? Meh. Tapi kayanya semester ini akan menarik banget kuliahnya. Semangat!

Hari pertama kuliah, diawali dengan mata kuliah.. Bahasa Indonesia! HUOH!! Sengaja saya pilih itu biar dapet nilai bagus untuk 7 SKS dengan mudah. NYAHAHAHA. Tadi di kelas kaya ada sekitar 10 bule, pengajarnya orang Indonesia, senior saya di Sastra Jerman Unpad tapi angkatannya jauuuh banget di atas saya.

Tadi itu pelajaran bahasa Indonesia untuk pemula. Untuk ukuran native speaker tentu gampang, walau begitu saya dapet ilmu baru kok! Contohnya penggunaan kata bukan dan tidak. Selama ini ada saat di mana saya ternyata salah menggunakannya *self toyor*

Coba ya, menurut kalian jawaban mana yang benar dari ke dua kalimat ini:

a) Adiknya bukan bernama Neneng.

atau

b) Adiknya tidak bernama Neneng.

Saya menjawab A, karena merasa itu yang biasa digunakan. Ternyata salah! *jleb* Karena kata tidak selalu disandingkan dengan verba (kata kerja), sedangkan bukan temannya itu subtantiv (kalau ga salah). Jleb jleb jleb banget deh saya. Mana bule sebelah yang diskusi dengan saya ternyata menjawab benar *cekek diri sendiri*

Namun karena secara kesuluran kuliah ini gampang buat saya (dan Nda yang juga ambil kuliah ini), maka kami boleh hanya mengambil 1 dari 3 hari kuliah dalam seminggu, lalu setelah kuliah dapat latihan soal yang tingkatnya lebih sulit, selain itu harus masuk kelas gramatik bahasa Indonesia dan Melayu satu kali seminggut. Saya sih senang aja ikut kuliahnya, pengen benerin bahasa sendiri. Malu dong jadi native speaker tapi ngaco, sampai keinget mantan tadi, dipastikan selama ini saya salah ngasih teori gramatik bahasa Indonesia ke dia. *smirk*

Selain itu, kuliah saya akan membahas; act of translation, film Indonesia-Melayu, Kinesik, story telling in multilingualism, scandal of communication, dan languages around the world. *kenapa ya saya nerjemahinnya ke bahasa Inggris bukan Indonesia? :green:

Oh iya, masih ada 4 modul yang harus saya tutup (ditambah dengan matakuliah pilihan bebas). Dan papers juga belom ada yang selesai. Huahahaha.. *ketawa satir*

*Sose 13: Sommer (summer) Semester 2013

Advertisements

10 thoughts on “Sose 13

  1. zilko says:

    Wah, ternyata disana dibuka kelas bahasa Indonesia, hahaha, disini nggak ada dong. Makanya waktu itu sempet iri sama temen yang dari Amerika Latin yang ada pilihan buat ambil MK bahasa Spanyol buat naik-naikin IPK dan menuh-menuhin jatah sks, wkakakaka 😆 .

    Btw, iya sih, tapi contoh soal di atas menjebak memang ya soalnya ada kata “bernama”-nya. Kalau nggak ada (jadi cuma “Adiknya tidak/bukan Neneng”) kan seharusnya pakai kata ‘bukan’ kan ya? *jangan-jangan ini salah juga nih, hahaha 😆 * .

    • mariskaajeng says:

      nah kan kejebak, yang benar itu “tidak bernama”, karena kata tidak selalu berteman dengan verba. hihi kaget kan? ternyata selama ini aku juga salah menggunakan 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s