Kelakuan Orang Jerman 1

Satu lagi good behaviour orang Jerman yang baru ketahuan sama saya; mereka kalau misalnya terhalang saat mau ngapain gitu, mereka akan nungguin orang di depannya. Tapi ini ga berlaku di semua situasi ya.

Saya sih baru ngeh saat di kampus. Di setiap perpus kan banyak locker ya, gangnya sempit, cuma muat buat dua orang doang. Karena itu, kalau ada yang lagi ribet ngurusin barang-barangnya di locker, cuma ada ruang buat satu orang buat lewat-lewat. Nah, biasanya nih.. Kalau ada yang lagi ribet itu, terus ada orang dateng ma ke locker dia yang kebetulan deketan sama orang lain, dia biasanya akan DIAM saja di samping orang itu. Diam aja gitu nungguin sampai orangnya sadar sendiri terus geser sendiri. Ga ngomong apa-apa.

Pertama kali ngalamin, saya sadarnya setelah beberapa saat setelah merasa ada yang berdiri di samping. Pas nengok, dia diam aja cuma senyum, pas ditanya “mau ke sini juga ya?” sambil nunjuk sekitar locker dan geser, baru dia ikutan mendekat. Setelah diperhatiin, iya juga kebanyakan mereka ya begitu. Kalau di gang antar locker itu juga misalnya ga akan muat dia lewat, ya udah aja diam. Waktu saya nutupi mesin refill kartu fotokopi kampus juga gitu, ada orang di belakang saya nungguin saya sadar sendiri buat geser.

Barusan juga di dalam perpus gitu. Ada seorang bapak berkisar umur akhir 50 tahun nenteng kursi, mau pindah duduk di dekat rak buku. Kebetulan di depannya ada laki-laki lagi jalan pelan sambil celingukan ke arah rak buku. Si bapak itu di belakangnya diam aja sambil nenteng kursi, keliatan sih dari gerak-geriknya dia sedikit ga sabar, tapi tetep loh sunyi sepi sambil deketin laki-laki itu dan akhirnya dia sadar. Terus abis itu ya senyum-senyum aja ke laki-laki itu.

Tapi beda cerita di dalam adegan berdiri di bus ya, biasanya mereka langsung akan bilang ke kita untuk majuan lagi kalau depan kita memang kosong atau ngelewatin kita sambil permisi. Kalau di jalanan gimana ya.. Mereka biasanya akan nyelip-nyelip lewat pinggir, kalau kita jalannya lambat. Ada yang sambil sembunyi-sembunyi aja lewatnya, ada juga pernah yang sambil menggerutu karena saya dan gerembolan nge-blocking jalan sempit yang lagi ada perbaikan. Huehehehe.

Nah saya yang masih culture shock ini (kan saya baru seminggu tinggal di sini), masih cuek aja kalau ada ngalangin saya di mana pun. Maksudnya cuek aja bilang “Entschuldigung!” alias “Permisi!”terus nerobos. Ogah nunggu-nunggu. Huehehe. Maap ya Akang Teteh *salaman*

*saya kasih judul Kelakuan Orang Jerman 1, mungkin entar ada episode 2 yak.. :-D*

9 thoughts on “Kelakuan Orang Jerman 1

  1. Arman says:

    sama kayak orang2 sini. kalo di loker gym juga gitu. mereka diem nunggu. tapi ya itu sebagian besar gitu. ada juga sih yang rese2. hahaha.
    anyway bilang permisi juga gpp sih.

  2. zilko says:

    Awalnya aku bingung sama kata “kehalingan” (beneran, belum pernah denger sebelumnya dah, huahaha 😛 ). Anyway, aku juga biasanya begitu sih. Soalnya daripada negur lebih enak kalo orangnya nyadar sendiri kan. Cuma ya kalo orangnya ga nyadar-nyadar baru dah ditegur bilang permisi gitu, hehehe 😀 .

      • mariskaajeng says:

        huahaha, aku barusan cek kbbi online, iyaa ternyata ga ada kehalingan, adanya terhalang (bahasa sehari-hari mungkin jadi kehalangan) 😀 aku revisi deh, makasiih 🙂

Leave a Reply

