Currywurst dan Level Pedasnya

Sore tadi, pas banget gw baru selesai makan, Amenk ngajak makan Currywurst di “belakang” rumah. Selain masih kenyang, gw juga masih pusing bangun tidur dan males jalan, jadi gw tolak. Gw cuma nitip aja sosis bison, kentang goreng dengan saos level 9.

Currywurst adalah makanan khas Jerman (lebih tepatnya mungkin khas Berlin), yaitu sosis goreng yang dikasih saos dan bubuk kari di atasnya. Bisa dimakan dengan kentang goreng, bagelan, salat kentang, atau salat nudel.

Di daerah tempat kami tinggal ada warung Currywurst terkenal yang bahkan pernah juara Curry Cup 2011 di Hamburg, namanya Bruzzelhรผtte. Mereka meyediakan saos dengan 12 levelย  kepedasan. Biasanya orang Jerman makan sampai level 3 atau 4 gitu. Amenk sudah 2x ke sana, pertama di makan level 8 lalu level 9, sedangkan suaminya pertama level 1 lalu level 4 (atau 3 ya?).

Katanya belum ada yang pernah level 12, karena harus benar-benar didampingi dokter, mengantisipasi kalau terjadi apa-apa. Sepupunya suaminya Amenk yang keturunan Arab pernah coba sampai level 8 dan makan sampai keringetan. Malahan ada yang pernah coba sampai level 9 sampai masuk TV katanya, dan dia bilang pedesnya ga hilang-hilang.

Setelah 2 jam pergi, Amenk kembali dengan pesanan gw, sosis bison dengn pedas level 9. Oh iya, sosis yang mereka sediakan juga dari beragam jenis; ayam, babi, sapi, kuda, dan bison.

Curry Bisonwurst Level 9 mit Pommes

Curry Bisonwurst Level 9 mit Pommes

Rasa sosis bison ga jauh beda ya dengan rasa sosis sapi. Ga terlalu spesial, lalu bagaimana pedasnya? Awal makan, pedasnya ga berasa, gw sampe nambahin saos sambel lagi loh. Kata Amenk memang pedasnya dateng berangsur-angsur, seperti kripik Maicih, dan pedasnya juga pedas lada. Ternyata benar, lama-lama ujung lidah terasa kebakar.

Menurut gw pedasnya ya lebih enak pedasnya masakan Padang atau sambel terasi, pedasnya saos curry sebenarnya ga pedas-pedas banget, hanya saja bikin ujung lidah benar-benar kebakaran, seperti minum air yang terlalu panas. Lalu lama-lama menjalar ke sekitar mulut. Ga enak banget deh. Kalau dibilang pedasnya susah hilang, ga juga sih ya, sekali minum juga sudah hilang, tapi rasa kebakar di ujung lidahnya ini yang nempel terus. Ugh! ๐Ÿ˜ฆ

Menurut Amenk, saosnya sih sebenarnya sama aja, cuma terus ditaburi bubuk pedas yang sama si empunya warung ditaruh di botol-botol kecil. Gw ga nanya kelanjutannya, mungkin ada beberapa botol untuk tiap level.

Nah, gw barusan buka website mereka. Level kepedasan mereka diukur dengan Scoville scale (menurut Wikepedia, Scoville adalah skala pedas dari chilli peppers). Pedas level 9 (mereka istilahkan dengan namaย Atemblocker/breath blocker) saos yang gw makan tadi tingkatnya ~ 150 000 Scoville, sedangkan Tabasco di posisi 3500 – 5000 Scoville dan pepper spray polisi 1,5 – 2 Mio. Scoville. Nah, level 11 berkisar ~ 7,1 Mio. Scoville, bahkan level 12 oleh mereka dikasih tanda tanya. Saking ga lacaknya kali ya pedasnya ๐Ÿ™‚

Kalau sedang kebetulan ada di Hamburg, silahkan mampir ke warung Currywurst ini dan cobain deh kalian cocoknya ada di level pedas berapa ๐Ÿ™‚

Bruzzelhรผtte Harburg:
Bremer StraรŸe 239 (B75)
21079 Hamburg-Harburg

17 thoughts on “Currywurst dan Level Pedasnya

  1. Fascha says:

    Duuuh enak keliatannya tuh mbak, apalagi kalo udah ada pedes- pedesnya.
    Tapi sayang sekali disini kebanyakan pork wurstnya ๐Ÿ˜ฆ 95% pork.
    btw salam kenal mbak ๐Ÿ™‚

  2. zilko says:

    Bedanya bratwurst sama currywurst apa sih sebenarnya? Agak bingung saya, hahaha. Dulu sewaktu ke Jerman nyobanya yang bratwurst sih soalnya tahunya yang terkenal ya bratwurst ini, huahaha ๐Ÿ˜† .

    Ah, level kepedasan, aku kayaknya bakal milih yang level rendah deh. Nggak bisa makan pedas aku ๐Ÿ˜€ .

Leave a Reply

