Berlin is Poor but Sexy – Wowereit

Tanggal 30 Desember lalu saya dan teman-teman menyempatkan diri ke Berlin. Dengan menggunakan kereta, kami memerlukan waktu sekitar empat jam perjalanan. Biar murah, kami menggunakan tiket schönes Wochenende Ticket (SWT) seharga 42 Euro dari Deutsche Bahn yang bisa digunakan sampai lima orang. Tiket ini bisa digunakan hari sabtu atau minggu, mulai 00.00 (kalau ga salah) sampai pukul 2 atau 3 hari berikutnya. Jadinya untuk PP Hamburg – Berlin kemarin kami berlima hanya mengeluarkan uang 8,40 Euro saja, terjangkau kan?

Terakhir kali saya ke Berlin adalah November 2011, tepat di saat ulangtahun saya. Setelah lama ga ke sana, saya merasa Berlin berubah. Lebih kotor, padat (mungkin karena orang-orang dari luar kota dan negeri datang untuk bertahun baru di sana), dan semua terburu-buru. Iya sih semua itu saya temukan juga dulu saat masih tinggal di sana, tapi kali ini kok membuat saya pusing ya? Apa mungkin karena perbedaan iklim Hamburg dan Berlin?

Oh iya, kalau dulu saya selalu punya tujuan pergi tiap berada di Berlin dan ga perlu liat peta karena punya navigator pribadi, kali ini semua itu harus saya lupakan. Mencari jalan harus saya sibuk sendiri liat peta dan google maps, dan ga ada siapa-siapa untuk dihubungi buat janjian bertemu di Berliner Hauptbahnhof. Semua berubah setelah setahun 🙂

“Berlin is poor, but Sexy”

– Klaus Wowereit (Berlin Governing Major)

Bradenburger Tor

Bradenburger Tor

Bradenburger Tor

Bradenburger Tor

Mario und Luigi

Mario und Luigi

Bradenburger Tor

Bradenburger Tor

Mejeng dulu depan Bradenburger Tor

Berlin

Warschau Straße – Berlin Friedrichschein

Berlin

East Side Gallery – Berliner Mauer

Berlin

Berliner Mauer – The Berlin Wall

Berlin

On East Side Gallery – Berlin Wall

Berlin

Warschauer Brücke/Bridge

Berlin

Kurfürstendamm

Berlin

Twisted Intestines – Kurdamm

Berlin

LOL

Berlin

Me 😀

Berlin

Tepar di kereta

10 thoughts on “Berlin is Poor but Sexy – Wowereit

  1. bebe' says:

    Waaaa.. Hiasan di Ku’dam-nya baguuusss… Pas malam tahun baruan dong ya Jeng kesananya? Hihihi ada Mario & Luigi segala. Aku dulu ketemunya malah Yoda 😛

  2. zilko says:

    Lho, kalo terakhir kesana November 2012 berarti belum lama dong?? Huahaha 😛

    Hahaha, aku tahun 2011 akhir sebenarnya diajakin temanku ke Berlin buat tahun baruan. Tapi waktu itu akunya akhirnya nggak ikut, hahaha 😛 . Berlin memang katanya sih kota yang cocok banget buat party-party gitu ya 😛 .

  3. niee says:

    Jadi mikir. selama ini temen temen yg kuliah di eropa hampir gak ada yg tinggal di ibu kota negaranya yak. mungkin dimana mana ibu kota bukan tempat yg bagus buat kuliah IMHO.. hehehehe

  4. Ria Angelina says:

    holla dek..
    duh sok tua haha, its ok la.seneng deh ketemu blog kamu jadi rasa kangen aku ma jerman sedikit terobati..
    dah lama aku jatuh cinta ma jerman.

Leave a Reply

