Photokina 2012 – A dream comes true!

Setelah menunggu selama.. Hmm.. hampir 10 tahun, akhirnya saya kesampean juga dateng ke acara pameran fotografi kelas dunia: Photokina. Rasanya.. Duh  mimpi kesampean! Now I can die in peace :p

Di awal saya kuliah saya mulai kenal dengan fotografi, rajin banget beli majalah fotografi bekas di Paun (Pasar Unpad – cuma ada tiap hari minggu doang), nah di salah satu majalah fotografi lokal (lupa nama majalahnya apa) di cover depannya bertuliskan besar-besar Photokina, di dalamnya ada deh tuh cerita liputannya, sejak itu saya bertekad harus ke sana.

Tahun 2010 terpaksa harus dilepas begitu saja karena keberangkatan saya ke Jerman diundur sampai bulan Desember sedangkan acara dua tahunan ini biasanya diadakan di bulan September atau Oktober. Tahun ini pun sebenarnya hampir batal, namun mengingat saya belom tentu masih di sini pada tahun 2014, yaudah deh seminggu sebelum acara saya paksain beli tiket Photokina dan kereta bolak balik Hamburg – Köln.

Oh iya, saking niatnya saya ke sana PP dalam sehari loh dan sendirian. Untungnya sebulan sebelum acara, temen saya ada yang ngasih tau tentang kereta HKX (Hamburg Köln Express), puas banget saya naik itu. Hamburg – Köln cuma ditempuh dengan waktu empat jam, karena naik kereta cepat (sejenis ICE yang dikeluarkan Deutsche Bahn), namun harganya terjangkau banget. Untuk kereta saya harus mengeluarkan biaya sebesar 56 Euro, kalau saya pesan sebulan sebelumnya bisa saja dapat setengah harga. PP Hamburg-Köln seharga segitu naik ICE ga akan dapet kalo pake kereta dari Deutsche Bahn loh :p Tiket masuk Photokina saya mengeluarkan 16 Euro, tiket hanya berlaku akhir pekan dan lebih murah karena booking online.

Senangnya tak terkira deh, bahkan saat di sana saya sering senyum-senyum sendiri saking ga nyangka akhirnya saya bisa berada di sana. Menurut photokina.de, Photokina ke 32 ini dikunjungi oleh sebanyak 185.000 pengunjung dari 166 negara, sedangkan tahun 2010 “hanya” dikunjungi oleh 181.464 orang. Ada yang berminat berkunjung ke pameran fotografi internasional ini kelak? Jadwal selanjutnya adalah 16-21 September 2014. Semua info penting bisa dilihat di link website yang saya kasih tadi.

Daaannn inilah beberapa fotonya, enjoy! 🙂

13 thoughts on “Photokina 2012 – A dream comes true!

  1. niee says:

    Waahh.. pasti orang yang seneng photografi vaik yg suka moto atau yg suka fotonya akan tertarik kesini yak. dan sepertinya acaranya benrr bener seru. beruntung banget mbak bisa kesini 🙂

    • mariskaajeng says:

      wahaha, ga tauu.. transportasi kereta di Jerman dikuasai Deutsche Bahn (DB), nah si HKX ini semacam pesaing tapi cuma punya jalur Hamburg – Köln, iya dia pake kereta cepat semacam ICE punyanya DB 😀

Leave a Reply

