Ditilang HVV

Nah kan si November baru aja diomongin, eh udah beneran ngasih kejutan..

Ceritanya kemaren saya beli tiket mingguan di HVV Service di Harburg, gara-gara tiket semester dari kampus belom selesai. Kata kampus, tiket itu nanti saya bisa tuker lagi dengan uang, kalo tiket semester saya udah dateng. Seumur-umur hidup di Hamburg, baru kali ini saya beli begituan. Biasanya paling lama ya tiket sehari. Saya beli tiket untuk digunakan selama tanggal 6-12 November. Setelah semua transaksi beres, petugasnya ngasih saya tiket tersebut dan sebuah plastik buat masukin tiket. Di palstik itu ada foto saya, kolom nama, saya nomer di atasnya.

Hari ini saya jalan-jalan sendirian naik U2. Turun di Berliner Tor, karena mau ke kampus di Dammtor, jadi dari Berliner Tor tinggal naik S1. Di sanalah ternyata saya kena sial (ketok meja 3 kali). Di atas stasiun banyak banget petugas pemeriksa dari Hochbahn Wache. Saya udah kenal banget cara pemeriksaan begini, jadi santai aja ngasih tiket. Tanpa diminta, “Mau liat tiket saya kan? Silahkan.” Petugasnya kaget sendiri.

Dia lalu dengan kolega di sampingnya diskusiin sesuatu. Terus ngasih tau saya, nomer di plastik dan di tiket beda. Saya bilang ga tau, itu berarti salah petugas di Harburg yang bikin. Saya juga jelasin situasi saya yang biasanya pake semster tiket dan ga pernah sekali pun beli tiket begituan makanya ga merhatiin kalau ternyata ada yang salah.

Dia ternyata ga puas loh. Minta tanda pengenal saya lah, ngerasa saya ga ngerti lah sampai bilang, “Saya bisa menjelaskan pakai bahasa Inggeris kalo Anda ga ngerti.” Malah sempet bilang ke temennya kalo fotonya beda. Pengen saya bikin rujak rasanya, ya iya lah fotonya keliatan beda, lah itu ga pake pake kacamata dan aslinya tadi gw pake. Sampe saya copot kacamatanya, “Itu ga pake kacamata!”. Gimana kalo ada orang yang difotonya belom pake jilbab terus aslinya pake? Mau disuruh buka? *facepalm*

Sudah ngejelasin panjang lebar, saya masih lah disuruh jelasin ke bosnya. Ga bantu apa-apa. Saya tetap disodorin surat tilang sebesar 40€ dan tiket saya disita!! Bahkan, kalau pun terbukti saya ga salah, saya harus tetap bayar denda 2,50 Euro. Lah kok bikin saya rugi banget ya. Karena tau saya ga puas, saya disuruh dateng ke kantornya langsung buat jelasin.

Langsung saya ke sana. Nihil. Belom ada laporan tentang kasus saya. Harus nunggu minimal 3 hari kerja. Rasanya pengen ngamuk sama nangis, petugasnya ga nolong apa-apa malah ngeledekin, begitu saya bilang saya butuh tiket itu buat kerja besok dan tentu aja saya jadi rugi karena itu. Saya pulang tanpa bilang apa pun.

Atas saran Nda, saya balik lagi ke HVV Service di Harburg. Sayangnya petugas yang kemarin ngurusin tiket hari ini ga masuk. Kolega saya ceritain semuanya. Dia heran kenapa saya mesti nunggu selama tiga hari kerja, ga bisa langsung diproses. Dia nyaranin besok dateng lagi, setelah jam 13 karena koleganya itu dateng jam segitu.

Kata dia, saya butuh surat dari koleganya itu yang menjelaskan itu semua salah dia, biar saya bisa nunjukin ke Hochbahn Wache nanti biar tilangnya dibatalkan. Soal tiket yang disita dan merugikan saya, diusahakan saya besok bisa dapetin tiket dengan tanggal yang sama, setelah tiket yang lama dapet, tiket baru itu bisa saya tuker lagi dengan uang di kantor HVV. Tiket lama itu saya juga perlu buat nanti balikin kalo tiket semester udah dateng.

Setelah ngobrol sama petugas di HVV Service Harburg sih saya jadi tenang banget. Kelihatan titik terangnya insyaAllah. Semoga petugas yang bertanggungjawab ga rese dan mau mengakui salahnya, kalau engga.. Bener-bener saya rugi materi, beli tiket mingguan baru kepake sehari udah disita, harus beli tiket lain buat gantiin tiket yang disita, dan bayar tilang. Kalo dijumlah dengan kasar, kira-kira minimal 90 yuro harus keluar buat semua itu. CIH.

2 thoughts on “Ditilang HVV

Leave a Reply

