Ramadhan Tahun Ini…

Alhamdulillah ya ketemu Ramadhan lagi. Rasanya cepet banget setahun itu berjalan. Tahun ini berarti untuk kedua kalinya saya merasakan Ramadhan di Jerman. Kedua kalinya juga saya harus puasa selama kira-kira 18,5 jam. Subuh dimulai sekitar pukul 3 dini hari dan matahari tenggelam sekitar pukul 21.30.

Yang saya ingat, tahun lalu saya sanggup-sanggup saja. Pernah dalam sehari saya keliling Bremen, naik ke menara gerejanya, lalu muterin Bremer Stadtpark (Taman kota Bremen) yang luas abis. Alhamdulillah itu kuat, malamnya buka puasa seperti biasa dan ga sahur. Keesokan harinya baru deh saya lemes banget menjelang buka puasa.

Selain itu palingan ya saya lemes kalo lagi banyak kerjaan di tempat kerja. Untungnya teman-teman kerja super baik, mengerti kalau saya sudah kecapaian. Kadang-kadang juga saya puasa lebih dari 22 jam, karena malamnya cuma makan sekali lalu males sahur. Ya salah sendiri memang. *self toyor*

Teman saya bilang, puasa di Indonesia belom tentu lebih ringan, mengingat waktunya yang lebih singkat, karena tingkat kelembapannya beda. Selain panasanya yang jauh melebihi di sini. Sekarang sudah mulai keliatan nih summer-nya, tapi paling juga panasnya sampe 25°C, lah di Indonesia berapa? Bisa sampai 35°C bukan? Terus di Indonesia itu lebih kering, makanya lebih haus kalau di sana. Bener ya? Jujur, saya lupa 😦

Alhamdulillah nya puasa kali ini saya ga sendiri. Iya saya masih sahur dan buka puasa bareng Amenk (si Bumil yang sekarang sudah ga hamil), karena saya tinggal bareng dia lagi (ini Ramadhan bareng kami yang ke-3 sejak kos bareng di Jatinangor), namun kami dekat dengan dua keluarga Indonesia yang juga tinggal di Hamburg. InsyaAllah setiap hari Rabu dan Sabtu kami buka puasa bareng dan ditutup dengan sholat Tarawih bareng.

Rabu kemarin kami yang kebagian jadi tuan rumah. Masing-masing dari kami harus bawa makanan sendiri. Amenk dan saya menyediakan nasi dan ayam panggang. Nda menyediakan tajil. Keluarga Teh Dina bawa gado-gado. Keluarga Teh Evi bawa kerupuk. Dan Sinta bawa minuman. Sabtu nanti pindah tempat dan diomongin lagi siapa yang bawa apa. Senang deh, seperti berada di tengah-tengah keluarga sendiri.

InsyaAllah Ramadhan tahun ini saya harus lebih baik lagi ibadahnya. Tahun lalu saya masih belang bentong sholat Tarawih, dengan alasan waktu yang mepet (waktu Isya mulai sekitar pukul 23.30) dan saya sudah ngantuk. Intinya mah, pinter-pinter bagi waktu kali ya.. Semangat! *mengepalkan tangan di udara*

Sekarang sudah pukul 12 malam ini. Saya harus segera mandi, sahur, dan sholat. Terpaksa sahurnya dimajuin karena besok kerja pagi. Kalau nanti ada libur lagi, saya akan rela bergadang lagi nungguin waktu sahur pukul 2.30 dini hari.

Selamat puasa teman-teman, semoga ibadahnya lancar dan diterima Allah SWT.. Amin! 🙂

10 thoughts on “Ramadhan Tahun Ini…

  1. zilko says:

    Selamat berpuasa ya!!

    Btw, kalau begitu jangan ke Belanda deh selama masa puasa ini. Cuaca di Belanda kan LEMBAB gitu kayak di Indonesia. Walau suhunya nggak sampai 35 (minggu ini 25 atau 26an gitu), tapi tetep aja kerasa panaaaaas, hehehe 🙂

    • mariskaajeng says:

      wah jadi bingung, sebenarnya Indonesia itu disebut lembab atau kering ya? di sini juga lagi 25-26, matahari mentereng banget dan panaaass, seinget aku di Indo lebih panas dan lebih kering.. hausnya lebih kerasa. atau salah? jadi yang lebih kering di Indo atau di sini? *lah bingung sendiri* *self toyor* 😛

  2. niee says:

    jujur mbak, aku gak bisa bedain yang mana yang lembab dan yang mana yang kering.. Yang enak itu yang mana seh? Lembab atau kering? *bingung sendri* hehehehe..

    Selamat puasa ya mbak.. waahh,, aku aja yang tarawehnya standar jam 7 masih sering bolong neh 😦

  3. bebe' says:

    bukannya di sini malah kering ya jeng? di Indo malah lembab? hahahaha.. saya jadi ikutan bingung..

    Tetap cemunguuud *ikutan nyemangatin diri sendiri*

Leave a Reply

