Seminarreise: Wismar 3

Hari Rabu

Setelah kemarin saya dan teman bolak-balik nanya kemungkinan acara untuk hari ini, akhirnya ada juga yang diputuskan, yaitu: dragon boat. Saat itu saya ga ada bayangan apa itu dragon boat, menurut seminar manager kami sih kalo di Hamburg ga kebayar harganya, mahal banget. Kemarin untuk 19 orang (berarti satu perahu) hanya perlu 150 euro saja. Untuk naik dragon boat kami harus menuju ke tempat kemarin itu, karena tempat sewanya deket pantai kemarin. Sekarang sih mau jalan jauh kaya gimana juga bukan masalah buat saya, kan sepatunya udah enak bangeeett *sombong* *digeplak* Ternyata dragon boat itu perahu yang bentuknya panjaaang, di ujung depan ada gendang dan bisa diisi oleh 18 orang yang duduk berdua-dua. Paling belakang nanti diisi si pemandu, tugas dia sekaligus menggerakan perahunya. Kami ber-18 orang (salah satu dari kami harus duduk di paling depan untuk memukul gendang). Masing-masing dari kami menerima sebuah dayung. Saat baru turun ke air, kami dijelaskan bagaimana cara mendayung, kalau ada yang ga kompak atau salah dayung, si pemandu akan teriak ngasih tau dari belakang. Rute perjalanan kami hanya sekitar pelabuhan Wismar yang ternyata ga terlalu besar. Kami dijelaskan tentang sejarah pelabuhan Wismar, dan entah apa lagi saya ga terlalu ga ngikutin. Saat berhenti sebentar di pelabuhan, kami bisa melihat banyak ubur-ubur kecil berenang sekitar situ. Warnanya merah jambu, transparan, di atasnya ada organ tubuhnya yang berbentuk seperti bunga warna pink.

Setelah selesai hujan turun, kami pun dengan semangat memilih naik bus untuk pulang kembali ke hostel. Malamnya kami sempat ke cafe bareng, tapi sebagian besar dari kami memilih diam di hostel saja untuk istirahat.

Hari Kamis

Bisa dibilang ini adalah hari terakhir kami karena Jumat pagi kami sudah dalam perjalanan pulang ke Hamburg lagi. Hari ini adalah yang tercapai. Setengah sepuluh atau setelah sarapan kami dijemput oleh tiga mobil dan dibawa menuju Brüel, Parchim kota sebelah yang berjarak sekitar 1 jam dari Wismar. Di sana sudah menunggu beberapa perahu kano yang siap kami naiki. Yippie!! 🙂

Setiap perahu kano hanya boleh dinaiki oleh dua orang. Saya kebagian di belakang, sedangkan teman saya di depan. Sempet deg-degan karena belom pernah sekali pun naik kano, selain itu saya ga bisa berenang dan cenderung takut air. Seminar manager bilang ke saya, mungkin kano akan membosankan untuk saya yang sudah pernah coba arung jeram sebelumnya, dan ternyata iya juga sih.. Mendayung kano itu ya gitu doang. Arusnya ga seberapa jadi ya santai.

Kami mulai turun ke air pukul 11, dan baru selesai pas pukul 16, di antaranya ada istirahat sekitar 30-60 menit. Lama ya ternyata.. Di jalur-jalur terakhir itu udah sama sekali ga ada arus, dan kerena kami juga sudah capai mendayung jadi ga berasa seru lagi. Antsrengend kalo kata orang sini mah.

Pas istirahat itu kami berkumpul di daratan di Sternberg, Parchim. Itu mah bener dah di entah berantah. Di depan aliran sungai, samping kanan jalanan sepi,samping kiri padang rumput, dan belakang hutan. WC darurat sama sekali ga ada, jadi kalau mau buang air ya harus rada jauh jalan ke arah hutan. Di sana banyak bekas tisu berserakan di bawah pohon loh. Itu adalah pengalaman pertama saya buang air kecil di hutan. Duh >_<

Jalur kano kami lumayan beragam juga loh, ada bagian yang ada arusnya sampai kolega kami harus turun buat narik kano-kano yang lewat. Pas itu seru banget! Sayangnya ga panjang dan perahu jenis kayu gitu nyangkut ya kalo dipake lewatin batu-batuan. Ada juga jalur dengan belokan tajam.

Salah satu kolega kami yang badannya paling besar sempat nyangkut di pohon yang tumbang. Ceritanya perahu mereka ngelewatin bawah pohon tumbang itu, kolega yang depan dia kurus pisan jadi bisa lewat dengan menunduk. Nah doi itu gede pisan jadinya malah nyangkut di pohon. Dia panik banget, karena ga bisa berenang dan takut air. Disuruh turun ke air yang padahal tingginya cuma seketiak pun awalnya ga mau, walau udah pake pelampung. Oh iya, perahu dia udah terbawa arus entah ke mana, dan partner dia juga udah berdiri aja di pojokan ga berhasil menyelamatkan perahu. Kalau menurut kami ya sebenarnya ga parah, kalau dia ga panik..

Yang bikin deg-degan juga, waktu menggantung itu posisi kepala dia pas banget di permukaan air. Saya dan teman ga bisa mengontrol perahu untuk ga melaju ke arah dia, teman saya yang duduk di depan akhirnya harus menahan kepala si kolega itu agar ga menabrak perahu kami. Dia sih setelahnya sama sekali ga inget apa yang teman saya lakukan itu.

Turun dari perahu di Warnow, Güstrow kami dijemput lagi dengan tiga mobil yang sama dan diantar ke hostel. Mereka adalah orang-orang dari penyelengara olahraga air tersebut. Pas di mobil itu enak banget deh bisa tidur sebentar, mengistirahatkan tangan yang pegel-pegel.

Karena malam terakhir, malam ini kami ga makan di kantin hostel melainkan barberque (masih di hostel juga sih). Setelah itu kami juga ngobrol-ngobrol tentang liburan ini, ini adalah hari terakhir kami bareng setelah setahun seminar loh. Karena malam terakhir itulah sesudahnya kami sempat main Werwolf sampai hampir jam 1, walau badan sebenarnya udah kecapean banget. Yang penting senang!

Hari Jumat

Yak, pulang kembali ke Hamburg! Sama seperti hari senin waktu datang, koper-koper juga tas-tas kami diangkut kembali oleh mobil sampai ke stasiun, sedangkan kami ber-17 (dua orang lain pulang naik mobil pribadi) jalan kaki ke sana.

Kali ini kami harus transit di kecil yang sama seperti waktu itu juga, namun setelahnya naik kereta jurusan Lübeck dan di sana baru naik kereta ke Hamburg. Beda rute deh seperti saat berangkat.

Semua perjalanan ini diurus oleh seminar manager kami. Sayangnya kali ini dia salah mengatur. Tiket yang kami beli di Wismar adalah tiket grup regional Mackenburg-Vorpommern, sedangkan Lübeck masuk dalam regional Schleswig-Holstein, karena itu tiket kami ga berlaku. Kesalahan tiket ini baru disadari saat petugas datang mengecek tiket di Lübeck.

Seminar manager kami sempat keukeuh kalau tiket itu bisa dipakai, karena waktu hari senin kami juga pakai tiket regional yang sama. Dia juga bilang ke petugas soal itu dan menekankan kami beli tiket di Wismar. Saya dengar si petugas bilang, “Kalau begitu kenapa Anda ga transit di Schwerin? Dia masuk ke Mackenburg-Verpommern, sedangkan Lübeck tidak.” Waktu hari senin itu kami memang transit di Schwerin, hari ini sepertinya seminar manager kami ga kepikiran soal itu.

Akhirnya dia harus membayar denda untuk kami semua. Entah berapa. Setahu saya sih seorang penumpang gelap akan kena denda 40€, tapi kayanya kebanyakan ya kalau masing-masing dari kami kena segitu. Uangnya juga sebenarnya uang kami juga kok, sebagian hak kami kan masuk ke dia untuk mengurusi semua seminar kami. Hari Rabu kemarin juga kan harga sewa dragon boat itu di bawah anggaran yang sudah dibuat, jadi masih sisa, kan?

Sekitar jam 13 kami sudah sampai di Hamburg. Rasanya lega campur sedih, liburan berakhir dan harus kerja lagi. Kami sempat peluk-pelukan dulu sebelum berpisah. Sebagian besar dari mereka akan mulai pendidikan di kampus baru. Cieee, jadi mahasiswa, semangat! Sedangkan saya, karena memperpanjang kontrak, masih harus kerja dan dapat satu minggu seminar lagi nanti di bulan November. Semoga tema dan temannya seru.

***

Cerita terkait:

Abschlussseminar: Wismar

Seminarreise: Wismar 1

Seminarreise: Wismar 2

4 thoughts on “Seminarreise: Wismar 3

1. Asop says:

Saya langsung tertarik begitu melihat ada perahu naga. 😀
    Masa’ baru tahu apa itu perahu naga? Itu cabang olahraga air lho. :mrgreen:
    Dan saya pengen nyobain, karena kayaknya melelahkan dan asik. 😀

• mariskaajeng says:

hoahaha, saat itu beneran ga ngeh. di rumah pas bikin postingan ini dan googling baru ngeh, dulu pernah denger kok ternyata. hihi.. kemarin sih emang cuma buat have fun, ngedayung cuma sejam lebih jadi ga berasa capeknya 🙂

2. niee says:

sayang mbak gak ada sama.sekali foto fotonya neh.. padahal sepertinya asyik banget permainan permaianannya.. kan pengen lihat juga 😉