Hobi Baru

Saya punya hobi baru. Sama sekali ga pernah kepikiran sebelumnya kalo saya akan serius ngelakuinnya, dan rutin pula. Bangga banget deh si saya..

Apa hobi baru saya? Jogging dan lari! Hihihi. Kalo jogging sih sebenernya udah dari lama. Di Indonesia saya juga suka jogging (kadang sambil nyasar nyari alamat), waktu tinggal di Altlandsberg makin menjadi, kerena satu-satunya hiburan di kota kalo lagi kere adalah jalan-jalan ke hutan. *krik krik* (kalo ga kere tentu jalan-jalannya pindah ke Berlin).

Nah beberapa bulan terakhir ini saya ngerasa banget badan ga enak dan berat. Ternyata bener dooong, naik sekitar 3-5 Kg. Siyok? Jelas. Saya kasih tau ya, waktu saya berangkat ke Jerman Desember 2009, berat badan (BB) saya 60 Kg, terus lima minggu tinggal di keluarga Onta langsung menyusut jadi 53 Kg sampai pipi saya kecilan. Nah selama setahun berikutnya BB saya stabil di angka 53-55 Kg. Eh tiba-tiba pas nimbang 3-4 bulan lalu malah hampir menuju angka 59 Kg. Siyok sesiyok siyoknya.

Dengan alasan menurunkan BB dan kesehatan, saya mulailah jogging. Cek di Android ternyata ada aplikasi buat mendokumentasi aktifitas tersebut. Saya unduh salah satunya, yaitu JogTracker. Hoho, asik banget ya ternyata pake begituan. Nyalain aplikasi dan GPS, terus rute terekam, selain juga jarak dan waktu tempuh. Kalau diliat lebih seksama, bisa liat juga berapa kalori yang terbuang dari aktifitas itu. Hasilnya juga bisa di-upload ke website-nya kalau mau, untuk mengetahui berapa kalori terbuang atau berapa kilometer sudah berlari tiap bulannya. Ga cuma itu, bisa juga buat pamer ke Twitter atau Facebook langsung. Hasil olahraga saya sore tadi bisa dilihat di sini.

Tau ga sih, saya tuh sebenarnya paling sebel lari. Karena capek (ya iya laaahh). Jadi sejujurnya saya lebih banyak jalan kaki dibandingkan lari. Biasanya sih saya setting JgTracker diΒ walking, tapi kenyataannya saya kombinasi lari-jalan, misalnya sepanjang jalan ini saya lari, abis itu jalan kaki sampai capainya hilang, terus lari lagi, begitu seterusnya.

Karena itu sekarang kalau mau lari-jalan saya harus menuhin baterai ponsel dulu, biar bisa sambil dengerin musik, GPS bisa nyala jadinya ga nyasar, sama JogTrack juga bisa aktif buat merekam kegiatan. Selain itu saking seriusnya, saya sampai beli sepatu lari Nike seharga € 40 (bagi saya segitu banyak loh >_<). Belinya memang ga sengaja sih, waktu itu di Wismar kami mesti jalan jauh dan saya salah bawa sepatu jadinya kaki lecet-lecet, karena ga bawa sepatu lagi dan trauma pakai sepatu itu, saya buru-burulah ke toko sepatu terdekat buat cari penggantinya. Terbeli deh sepatu itu dengan pemikiran: sekali-kali beli sepatu bener dan kuat biar awet, sayang kaki, juga sebagai motivasi makin sering lari-jogging. Ternyata memang ya, sepatu lari tuh enak banget dipakai lari, kaki nyamaaaann pisan, ga nyesel beli sepatunya (kecuali saat liat tagihannya di rekening).

Oh iya, akhir Mei lalu saya nimbang 58,5 Kg, terus minggu berikutnya saya banyak olahraga di Wismar tuh, setelah itu saya timbang ternyata menjadi 57,5 Kg. Hohoho, menyenangkan ga siiihhh :-p

sepatu baru πŸ˜€

rute lari-jalan sore tadi

hasil jogging sore tadi

Advertisements

13 thoughts on “Hobi Baru

  1. zilko says:

    Hahaha, aku juga kadang walking gitu deh. Kalau jogging aku agak malas deh karena lebih capek dan ngos-ngosan (ya iya laaah, hahaha πŸ˜† ). Tapi jalan kaki sejam gitu juga lumayan kerasa lho manfaatnya. Dan memang sih, semenjak pindah ke Eropa ini aku ngerasa hidupku jadi lebih sehat dan seimbang, hehe. Olahraga jadi lebih banyak (cuaca dan fasilitas mendukung (maksudnya jalanan dan lingkungan sekitar mendukung buat olahraga gitu)).

    Eh, enak ya ada aplikasi gitu *ngeliat HP Nokia lumayan jadulku*, hahaha πŸ˜†

    • mariskaajeng says:

      kalo mau latihan tenis juga harus lari keliling lapangan gitu ga, Ko? hooh di sini mendukung ya buat hidup sehat, sayuran kaya wortel pun rasanya tetep enak walau dimakan mentah :p coba dicari, mungkin ada aplikasi kaya gitu buat di Nokia πŸ˜€

  2. Mayya says:

    Bagus tuh diberdayakan Jeng! Klo aku lagi suka banget pilates, untung aja ada pilates utk hamil jadinya tetap bisa olahraga. Soalnya kan gak mau juga habis melahirkan ntar melar banget T_T

    Hayooo jeng, turunkan berat badan yooook!

  3. bebe' says:

    8km Jeng? Huaaaa… Mantap! Aku ga bisa.. Lari 100meter juga kayaknya langsung nyerah deh.. Uhuhuhuhuhhuu.. Untungnya sih masih jalan kaki kemana-mana.. Jadi badan tetep gerak lah walaupun ga “olahraga”.. πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s