Seminarreise – Wismar 1

Baiklah, ditemani lagu-lagu di tahun 60-70an (berasa tua deh) saya akan bercerita tentang liburan lima hari ke Wismar kemarin.

Peta Mecklenburg – Vorpommern

Kami berangkat dari Hamburg pada hari Senin (4/6) naik kereta regional Mecklenburg-Vorpommern. Semua orang sudah siap dengan koper masing-masing, saya seperti biasa pake tas ransel besar (sekitar lebih dari 60 liter), saking beratnya tuh ransel sampai membuat tangan saya biru gara-gara pas mau make tangan saya nyangkut di bagian yang buat di bahu itu. Lumayan keliatan loh memarnya 😦 Tapi biar bagaimana pun, saya memang paling suka pake ransel, saat orang-orang ribet gotong koper besar naik turun tangga, saya sih jalan santai aja. MAHAHAHA.

Untuk menuju Wismar, kami harus transit dua kali, yaitu di Schwerin (satu jam dari Hamburg) dan kota kecil entah apalah namanya. Dari Hamburg kami berangkat pukul 08.35 dan sampai Wismar pukul 10.22 CET. Di sana sudah menunggu orang dari Youth Hostel tempat kami menginap. Dia hanya membawakan koper-koper kami menuju Hostel, sedangkan kami ber-18 orang jalan kaki menuju Hostel sambil liat-liat kota.

Setelah istirahat sebentar dan makan siang di Hostel, pukul 14 kami jalan-jalan keliling kota. Bapak yang tadi ngangkut koper-koper kami itu yang jadi tour guide-nya, kami diajak ke Universitas Wismar lalu ditunjukan gereja-gereja tua entah dibangun tahun berapa, terakhir kami diajak ke pusat kota dan ditunjukan Karstadt (semacam pusat pembelajaan, isinya lengkap mulai dari pakaian sampai elektronik) pertama di Rudolph – Karstadt – Platz, ternyata Karstadt itu nama keluarga loh.

Oh iya, Wismar adalah salah satu kota tua yang oleh UNESCO dimasukan dalam list warisan dunia. Letaknya di tepi Laut Baltik, kemarin sempat ke pantainya, entah kami salah pilih pantai atau engga, tapi pantainya ga bagus. Masih lebih bagus pantai di Boltenhagen atau Dierhagen yang pernah saya kunjungi juga. Lengkapnya tentang Wismar bisa dibaca di Wikipedia.

bekas bom di dalam gereja St. Georgen

Karstadt pertama

Karstadt pertama tahun 1881

Die Wasserkunst

Halaman Marienkirche

Sepertinya sih gereja juga. Lupa nyatet 😦

Tertempel di dinding Marienkirche

Bürgerhaus „Alter Schwede“

Cerita selanjutnya diteruskan besok ya, goodnight universe 🙂