Membersihkan Panci Gosong

Sebel ga sih setelah masak melihat kerak atau sisa masakan bandel menempel di dasar panci atau penggorengan? Gimana bersihinnya, nih, apalagi kalau sampai gosong dan hitam? Weits, jangan bimbang, saya akan bocorkan rahasia membersihkannya. *ngomong ala bintang iklan sabun cuci*

Bahan yang dibutuhkan:
Cuka
Air (panas)

Alat yang dibutuhkan:
Sodet plastik atau kayu (kalo dari besi juga mah malah bikin penggorengan rusak)

Nah caranya mudah, masukan air cuka dan air panas. Ga usah sampai penuh, seperempatnya deh kira-kira, kurang juga boleh, terserah lah intinya. Terus congkel-congkel perlahan deh pakai sodet. Cara lebih cepat sih sambil dimasak di atas kompor. Niscaya cepat banget bersihnya, dan ga perlu sekuat tenaga loh nyongkelnya. Santai aja kaya lagi numis sayur.

Sentuhan akhir tentu cuci manual ya pakai tangan dan sabun, lalu bilas. Biar lebih kinclong dan bersih. Selamat mencoba! πŸ™‚

Ibu-ibu banget ga sih saya bikin postingan tentang bersihin panci gosong X)

Advertisements

13 thoughts on “Membersihkan Panci Gosong

  1. zilko says:

    Postingan ala ibu-ibu tapi berguna banget lho!! hehehe. Btw, kalau ngebersihin kerak yang menempel di permukaan kompor listrik gimana ya?? Ada tips kah?? hehehehe πŸ™‚ Soalnya kalau pakai air panas gitu kan nggak mungkin membuat airnya “menggenang” kayak kalau di dalam panci/wajan gitu kan ya, hmmm…

      • zilko says:

        Pancinya bukan keramik deh, hmmm, nggak tahu nama bahannya apa, huahaha πŸ˜† . Cairan khusus? Hmm, namanya apa ya? Aku sudah coba pakai sabun cuci biasa buat bersih-bersih dapur/wastafel dan digosok pakai bagian kasar sponnya gitu sih, tapi kurang mempan. Yang “gampang” memang “terkelupas” dan bisa dibuang, tapi yang bandel bener-bener bandel banget, hahaha. Iya sih, harusnya mencari alat kayak yang digambar itu ya, hmmm. Kapan-kapan coba cari ah, mudah2an di IKEA ada, hahaha πŸ™‚

      • mariskaajeng says:

        loh bukannya tadi nanyanya kompor ya? berarti bukan yang item bening kaca itu ya kompornya? itu rada susah, di kantor kompornya kaya gitu, dan banyak bercak air gosong juga. kalo buat kompor keramik sih di sini ada cairan pembersih kompor keramik. semoga berhasil yaaa πŸ™‚ btw, bersihin apt-nya jangan bersih-bersih, biar ga “dalem” banget kalo jaminannya tetep kepotong banyak :p

      • zilko says:

        Btw, thanks banget lho tipsnya. Bakal berguna nih ketika saat pindahan ntar (kan harus bersih2 apartemen gitu ya, termasuk dapur, huahaha πŸ˜† ).

      • zilko says:

        Eh, iya, maksudnya kompor. Kok ketulisnya panci ya? huahaha πŸ˜† . Iya, warnanya nggak bening tapi hitam gitu sih. Lapisannya lebih mirip lapisan metal apa gitu, hehehe πŸ™‚ Iya, memang kayaknya nggak perlu gempor-gempor amat ngebersihinnya kayaknya ya. Yang penting bersih (disapu, dipel, kamar mandi dibersihin, dapur asal bersih) mestinya nggak masalah lah ya, hahaha πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s