Seminarwoche 4 – Bunkermuseum

Bunkermuseum

Dekat kantor tempat seminar saya ternyata ada sebuah museum bunker bekas peninggalan zaman Perang Dunia kedua (PD II). Menuju ke sana hanya memakan waktu kurang dari 10 menit dengan jalan kaki, tepatnya terletak di belakang Penny seberang stasiun U-Bahn Rauhes Haus. Di seminar kali ini kami berkesempatan mengunjunginya. Sejak seminggu sebelumnya kami diminta mengenakan pakaian hangat karena tentunya akan dingin berada di bunker dalam tanah.

Di Jerman sebenarnya ga cuma ada satu atau dua bunker, tapi banyak, namun hanya beberapa di antaranya yang dijadikan museum dan salah satunya adalah yang kami kunjungi ini. Saat di Dierhagen tahun lalu saya juga sempat masuk ke sebuah bunker yang letaknya di tepi laut Baltik.

Di Bunker Museum Hamburg kami berkesempatan untuk masuk ke tiga ruangan yang masing-masing lebarnya sekitar 2m, panjang 17m, dan tinggi 2,25m. Dari pintu masuk ke ruangan tersebut ada lorong pendek yang juga tidak terlalu lebar.

Di dalam ruangan pertama yang kami kunjungi kami diminta duduk di bangku yang disediakan, di tembok tertempel banyak foto-foto. Di dinding sebelah kanan adalah foto orang-orang yang tinggal di bunker, ada foto yang menggambarkan mereka sedang main kartu beramaian. Di sebelah kiri adalah foto pembangunan bunker menara (bukan di dalam tanah).

Ga cuma liat foto-foto, tour guide kami juga presentasi tentang bunker dan PD II ini. Sempat juga lampu dimatikan selama tiga menit lalu radio disetel kencang-kencang. Ceritanya kami diminta merasakan bagaimana rasanya berada di dalam bunker saat perang. Dari radio disiarkan potongan siaran zaman baheula, lengkap dengan suara bom. Jujur, saya ga merasakan apa-apa, malah ngantuk. Berasanya tuh kaya lagi di museum-museum bekas perang di Indonesia aja, anggap aja lah lagi zamannya G30S/PKI, mirip. Suara dari pengeras suara malah mengingatkan saya pada suara Ir. Soekarno di museum Monas. :mrgreen:

Ruangan kedua tidak ada bangku, hanya ada telepon tua untuk komunikasi ke luar pada saat itu, lalu kayanya ada radio juga deh, ada foto-foto juga, dan ada lempengan besi yang saya juga ga ngerti itu bekas apaan. Sedangkan ruangan ketiga adalah ruang pameran, di sebelah kanan terdapat kursi panjang dan di seberangnya terdapat rak panjang yang di atasnya diletakan perlengkapan yang diperlukan di bunker, seperti selimut, masker, dan lainnya.

Perlengkapan tersebut wajib mereka bawa untuk kenyamanan sendiri hidup sementara di bunker. Semuanya dimasukan ke koper yang juga ikut dipamerkan di sana. Selain itu di pojok juga ada sebuah ranjang tingkat yang terlihat sudah tua, nah itu adalah tempat tidur darurat untuk mereka yang sakit atau hamil. Seperti lazimnya di museum lain, setiap barang yang dipamerkan ga boleh disentuh.

Bunker yang dibangun sekitar tahun 1940/41 ini kalau ga salah sih bisa buat menampung lebih dari 50 orang. Untuk mereka yang mempunyai penyakit berat dan cacat dulu tidak diperbolehakan untuk tinggal di sini. Berada di kedalaman 5 meter di bawah tanah. Ketebalan beton menyampai 1 m yang juga diperkuat dengan kawat beton sebagai penguat.

Menutup hari Kamis, setelah balik lagi ke ruang seminar dan makan siang di bawah siang matahari (spring is here! ^^) kami nonton bareng film Inglorious Basterds (tau kan film yang dibintangin Brad Pitt ini?. Hari Kamis kemarin sepertinya sedang tema sejarah PD II, makanya filmnya juga yang nyambung dengan tema tersebut.

Informasi lebih lanjut tentang Bunkermuseum Hamburg (ada foto-fotonya juga) bisa dilihat di sini.

Postingan terkait:

Seminar Minggu Keempat Hari Pertama

Seminarwoche 4 –  Party dan Kletterwald

Advertisements

2 thoughts on “Seminarwoche 4 – Bunkermuseum

  1. zilko says:

    Panjang 17 meter dan lebar dan tinggi sekitar 2 meter; dan bunker ini buat 50 orang. Kayaknya sih bakal sesak banget ya di dalamnya? huahaha 😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s