Seminar Minggu Keempat Hari Pertama

Ingat kan cerita-cerita saya di bulan Januari tentang seminar FSJ? Nah, minggu ini adalah minggu keempat seminar. Dari seminggu lalu Seminarleiterin kami sudah ngirim e-mail tentang jadwal seminar, sepertinya cukup seru, kira-kira masalah peraturan kerja, cara bikin CV, atau urusan melamar kuliahan engga ada lah dibahas minggu ini.

Hari ini kami kedatangan anggota seminar baru, karena setengah kolega kami mengundurkan diri dari kerja dengan berbagai alasan. Kolega kami yang baru adalah mereka yang baru mulai kerja sebagai FSJ, mungkin karena alasan efisiensi dan sebagainya jadi digabungkan ke grup seminar yang sudah terbentuk. Nantinya mereka akan punya grup seminar baru jika grup seminar kami bubar (kami hanya mendapatkan 5 kali minggu seminar, jadi tinggal sekali lagi dan itu adalah seminar penutupan).

Yang lucu hari ini adalah kolega yang baru ternyata salah satunya dari Indonesia. Jadi sekarang di kelompok kami ada 3 orang Indonesia. Kami semua sudah saling kenal dan sama-sama pernah kuliah di Unpad (kedua teman saya itu jurusan dan angkatannya sama, cuma saya yang jurusan dan angkatannya berbeda). Terus si Bumil akan ikut di salah satu hari seminar kami karena dia pernah ga masuk seminar, jadi akan ada saat di mana ada 4 orang Indonesia di grup seminar. Tumben loh! 🙂

Karena kami kedatangan lima kolega baru, maka hari ini kembali ada sesi perkenalan. Kali ini kami diminta mengeluarkan kunci yang kami bawa. Lalu dengannya harus memperkenalkan diri, menjelaskan kunci-kunci apa saja yang dibawa, dan menceritakan gantungan kunci yang kami punya. Saya membawa serangkaian kunci inventaris tempat kerja yang terdiri dari kunci pintu apartemen (tempat kerja saya terletak di sebuah apartemen untuk manula), pintu tempat kerja, kantor, ruang cuci, dapur, dan sebagainya. Sedangkan gantungan kuncinya khas Berlin banget, isinya potongan batu tembok Berlin, sayangnya luarnya udah dekil banget kena gesek kunci-kunci. Jelek deh keliatannya..

Setelah itu kami diminta untuk menuliskan tiga hal tentang diri sendiri di secarik kertas, tapi salah satunya bohongan. Kertasnya nanti ditempel di dada. Masing-masing dari kami harus ngobrol tentang hal itu ke masing-masing kolega untuk tahu yang mana yang bohong, lalu yang kira-kira menurut kita bohong dikasih satu garis. Di akhir permainan kami harus menghitung berapa garis yang kami dapat di tiap nomor dan membocorkan yang mana yang bohong. Tebak ya, dari tiga hal yang saya tulis ini yang mana yang bohong:

1. Saya dulu pernah tinggal di Wiesbaden.

2. Saya pernah kuliah Jurnalistik.

3. Saya bisa menyetir mobil dan punya SIM.

Kedua teman saya yang dari Indonesia aja salah nebaknya, loh! 😆 Namun sebagian besar dari kolega seminar saya menebak dengan benar, ada yang yakin banget dan ga perlu nanya-nanya lagi, ada juga yang menjawab begitu liat muka saya berubah saya ditanya-tanya. Untuk poin kedua tentang kuliah, kolega-kolega baru pasti nanya berapa umur saya, belom tau mereka kalau saya paling tua di sana. Mahahaha.

Selain permainan di dalam ruangan, kami juga ada permainan kelompok di luar. Hari ini iya emang ga dingin, tapi anginnyaaa kenceng! Sedangkan saya pake cuma pake sweat jacket pendek, jadinya kedinginan T_T Permainannya seperti biasa memerlukan team work yang baik dari setiap anggota seminar. Untungnya tadi cepet selesai..

Engga ada tema berat yang dibahas hari ini, selain permainan kami hanya membahas persiapan Party for Benefit yang akan diselenggarakan hari selasa malam. Dasar ya anak-anak muda, disuruh bikin acara buat penggalangan dana untuk disumbangkan malah bikin acara party beginian. Harga masuknya 4 euro dan akan disumbangakan ke rumah sakit anak di Hamburg. Pokoknya kami ga dapet apa-apa dari sana. Keuntungan yang kami dapat dari minuman yang terjual juga masuknya untuk disumbangkan. Yang mau dateng silahkan loh, tempatnya di Altona. Untuk remaja di bawah 18 tahun harus mengisi formulir yang ditandatanganin orangtua atau didampingi oleh orang dewasa.

Hari ini kami juga mengorganisirkan kembali rencana seminar penutupan kami di Wismar, sebuah kota di ujung utara Jerman. Kami akan berada di sana selama lima hari di minggu pertama bulan Juni. Kami dibagi ke dalam lima kelompok yang masing-masing mengorganisasikan kegiatan mulai hari Senin sore sampai Kamis malam. Tadi sih sudah dimongin dikit, malam terakhir kami akan bikin api unggun, terus ada juga acara canoeing dan geocaching.

Oh iya, minggu ini kami akan dapat materi tentang Schizophrenia, sarapan bareng (ih coba ya kalo sarapan barengnya tuh bubur ayam..), jalan-jalan ke bunker, blind breakfast, Sinnesparcours (ga tau deh ini apaan), dan Outbound. Terdengar seru, kan?

Di posting-an selanjutnya insyaAllah saya ceritain tentang Party for Benefit dan tema Schizophrenia ya. Sekarang sudah malam, ikan bobo.. Selamat mimpi indah! 😉

Advertisements

9 thoughts on “Seminar Minggu Keempat Hari Pertama

  1. [en]emy says:

    ah lucu juga ya cara ice breaking mereka. jadi kenalan deh. disuruh nebak? harus ngobrol panjang dulu donggg. tapi, gw coba tebak ya jeng.

    yang pertama, gw udah jelas clueless alias ga tau. pengin ngubek2 blog lo males dan artinya gw curang dong. ahahaha.

    yang kedua, lo pernah cerita 2 kali mo masuk fikom unpad tapi ga berhasil2. tapi gw kan ga tau siapa tau lo sempet kuliah jurnalistik di mana gitu. tapi poin kedua ini jadi kandidat tebakan gw.

    yang ketiga, udah jelas lahhh gw inget, di salah satu post lo, lo bisa nyetir dan punya sim internasional….

    ah sayang, gw ga tau yang nomor satu. dan gw lupa. yg gw inget dari cerita2 lo, lo pernah tinggal di berlin dan hamburg. gw lupa lo pernah tinggal di Wiesbaden. Abisan kotanya ga earcatching dan eyecatching sih…

    jadi… ok, gw tebak dengan bismillah ya… (apasih)
    yg bohong adalah nomor 2 😀

    bener ga???

    • mariskaajeng says:

      buahahaha, analisisnya panjang bangeeettt 😆

      jawabannya nanti ah setelah minggu seminar kali ini berakhir. tungguin ya.. *aih sok penting banget lo, Jeng!* 😆

  2. zilko says:

    Pilih acak ah, nomer 2, mahahaha 😆

    Btw, unik juga ya konsep party-nya, party for benefit gitu, hmmmm…. . Tapi aneh juga sih, nanti undangan party-nya: “ayo datang ke party kami, uang masuk dan keuntungan akan disumbangkan”. Mahahaha 😆 Nggak pernah dengar saya, biasanya kan undangannya buat hepi2 gitu, haha 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s