Kepastian

Semua orang butuh kepastian.

Contohnya saja,

Penghuni kamar pertama yang butuh kepastian siapa yang akan menemaninya jalan-jalan ke Altona, atau siapa yang akan datang untuk menginap di kantor dan membuatkannya Capucinno sebelum tidur.

Seperti juga pemerintah Jerman yang butuh kepastian, apa para pengunjung ke negaranya bisa menghidupi nafas mereka sendiri atau tidak di negara bendera berwarna hitam, merah, dan kuning miliknya. Karena itu saya dan teman-teman yang mau kuliah harus punya deposito beberapa ribu euro.

Atau halnya juga orangtua yang butuh kepastian tentang masa depan anak-anaknya. Dulu waktu anak-anaknya masih kuliah dan lulusnya dengan memakan waktu lama, Beliau sibuk menagih si gelar sarjana. Sekarang mereka sibuk menagih anak-anaknya untuk menikah sebelum umur menanjak. Ah, ada yang ingin sembunyi.

Penghuni kamar kedua juga sering menagih kepastian, makanya dia sering mendesak orang-orang untuk kembali mempercayainya agar dia bisa diajak tamasya keluar Finkenwerder kalau libur tiba.

Ia juga milik teman yang bimbang, harus membeli tiket pulang sekarang agar harga dapat lebih murah atau nanti saja kalau sudah waktunya namun dengan harga yang semakin melambung.

Janji juga membutuhkan kepastian. Karena itu telepon genggam diciptakan, agar orang gampang dihubungi sewaktu-waktu mereka tak jua muncul saat matahari semakin menaik.

Kepastian juga milik penulis. Februari akan tidur di bawah atap mana. Apa yang dilakukan. Apa pekerjaan selanjutnya. Siapa yang akan benar-benar selalu bersamanya. Apa harus kembali pulang dan mencium keponakan-keponakannya sepuasnya atau tetap berlari menaiki tangga untuk mengejar kereta.

Kepastian juga milik kalian, bukan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s