Diagnosis: J32.9+G

Akhirnya saya tumbang setelah lima hari senang-senang di seminar. Mungkin karena kurang istirahat dan cuaca yang sudah mulai dingin, jadi sejak sabtu saya sudah merasa engga enak badan. Sabtu malam saya masih sempat makan-makan dengan kolega kerja di Sternschanzen, hari minggu pagi bangun tidur dengan badan lemas, hidung penuh, pusing, tenggorokan sakit, dan deman, lalu saya pun izin ga masuk kerja.

Hari senin, seperti saran Hani, saya pergi ke dokter pagi-pagi sebelum kerja. Niatnya sih cuma minta surat sakit penggant hari sebelumnya izin sakit. Hari minggu sore badan saya udah lebih enak, hari senin pagi juga sudah lumayan lah.

Setelah dilakukan pemeriksaan lewat hidung, tenggorokan, dan mata, dokter mengetik sesuatu di komputernya lalu memberikan saya tiga lembar kertas. Kertas resep, saya harus minum Antibiotik sehari satu selama lima hari. Kertas kedua dan ketiga adalah surat sakit untuk asuransi dan tempat kerja. Di surat sakit untuk asuransi ada tulisan J32.9+G di kolom diagnosa. Ah entah apa ini, mungkin hanya berarti flu, karena gejala yang saya alami seperti flu ringan.

Di Jerman memang tulisan diagnosa menggunakan kode, tidak seperti di Indonesia yang ditulis secara gamblang. Hal ini mungkin berguna untuk mempermudah dan mempercepat penulisan diagnosa.

Pulang dari dokter saya engga jadi ke tempat kerja, karena ternyata saya harus istirahat di rumah sampai hari rabu, jadi total saya dikasih libur selama empat hari oleh dokter. Di kosan saya googling apa arti kode tersebut, itu pun setelah Sputnik tanya saya sakit apa. Terus saya bengong membaca artinya: Chronische Sinusitis, nicht näher bezeichnet. Eh loh, ini nama lain dari flu apa beneran ternyata saya sakit sinus ya? Pake tulisan kronis pula. Berarti sudah beberapa lama dan saya engga sadar dong? :-/

Dari dulu masih kos di Jatinangor, saya sudah mengalami sakit ini, tapi engga sampai ngira ini sinus. Biasanya juga cuma minum ranitidin doang dan sembuh ga lama kemudian. Sayangnya tadi di dokter saya yakin banget kalo cuma flu, jadi ga banyak tanya. Dokternya juga diem-diem aja engga banyak cerita.

Ada yang bisa banyak cerita ke saya apa itu sebenarnya sinus kronis? Engga parah, kan? 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Diagnosis: J32.9+G

  1. Fatimah says:

    Jeng jeng.. gw ini jg sinus loh udah dari lama. temenan gitu kita. *ga penting*
    Baca disini deh jeng untuk tau lbh banyak tentang sinus >> http://bit.ly/a0DMuy

    oh iya, tautan link di blogroll friends gw yang di dirimu ganti yah jadi 123mpat.wordpress.com
    maaciooooo :*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s