Tragedi Ledakan Saos Sambel

Berhati-hatilah saat membuka botol saos sambel merk apa pun, walau masih disegel, bisa-bisa kalian menjadi korban ledakannya seperti saya. Ceritanya selepas Maghrib saya bersama dua orang sahabat, Amenk dan Hani bersemangat akan menyantap hidangan ayam goreng dari restoran fast food yang gambarnya orang tua di kamar Amenk. Tidak seperti di Indonesia, di Jerman restoran fast food tersebut tidak menyediakan saos sambal untuk pelanggannnya. Saya berinisiatif mengambil saos sambel botol beling yang sudah tinggal 1/4 isi dan botol plastik kecil yang masih disegel dari lemari Amenk.

Hani lalu berusaha mengeluarkan isi dari botol beling, karena berjalan lama, dia taruh botol dengan keadaan terbalik. Saat itu saya sedang berusaha membuka segel plastik dari botol plastik kecil, semua berjalan lancar sampai saya membuka tutupnya.. plop! Suara ledakan kecil terdengar saat saya baru membuka sedikit saja, sekitar 1/4 bagian isi sambel keluar, sialnya, ada bagian dari sambel yang melesat cepat ke mata kanan saya.

Jangan tanya bagaimana rasanya, di antara mata yang panas dan terkejut, saya cuma bisa teriak, “ah! ah! ah! ah!” sambil lari ke kamar mandi dengan mata tertutup. Hani yang duduk di depan saya sempat tidak bereaksi, karena dia pikir saya bercanda, apa lagi saya engga ngomong apa-apa lagi selain “panas!”. Amenk yang saat itu sedang di kamar mandi lebih tidak mengerti apa yang terjadi, ia pikir ada panas apa di tangan saya. Beberapa detik kemudian mereka baru sadar apa yang sebenarnya terjadi dan segera menolong saya mencuci mata dengan air.

Mencuci mata dengan air, lalu mengompresnya dengan lap basah ternyata tidak terlalu mebantu, mata saya masih merah, perih, panas, dan tidak bisa dibuka. Amenk sudah siap menyalakan laptop untuk mencari alamat UGD yang bisa kami tuju, tapi tidak jadi kerena ia ingat punya cairan pembersih soft lens yang bisa digunakan untuk membersihkan mata. Satu tetes saja mata saya sudah terasa lebih baik, cairan dan kotoran mata keluar, Hani lalu memberikan saya satu tetes lagi biar benar-benar bersih.

Saat tidak ada lagi yang panik, juga mata sudah terasa baikan, kami baru sadar di langit-langit kamar Amenk penuh dengan bercak sambel. Di tembok, laptop, belakang TV, tembok, atas jendela, lampu, dan barang-barang lain di depan saya juga ga luput dari percikannya, sedangkan barang-barang di samping kanan saya hanya terkena sedikit. Kemungkinan itu terjadi karena sebagian masuk mata kanan saya dan kena jilbab saya. Kalau dilihat dari dampak kotornya kamar Amenk, jelas ini ledakkan yang lumayan parah dari botol kecil saos sambal.

Dilihat dari luar, botol sambal itu tidak ada cacat sedikit pun. Tidak penyok atau pun menggelembung, namun kalau diperhatikan isinya, di dalam saos ada banyak gelembung air seperti air soda yang dikocok. Sesaat setelah meledak, saos pun meleleh keluar dari atas botol. Sungguh tidak lazim. Kami segera membuang saos tersebut ke tempat sampah. Saos tersebut sudah sejak sebulan laku kami beli dan selalu berada di lemari, entah apa yang sebenarnya terjadi sampai isi di dalamnya menimbulkan ledakan.

Tiga jam berlalu, mata saya masih terasa panas. Sebentar lagi saya pergi tidur setelah menyelesaikan tulisannya ini, sebelumnya saya harus kembali meneneteskan cairan pembersih mata agar mata saya benar-benar besih. Semoga besok sudah benar-benar sembuh, jadi saya bisa Sholat Idul Fitri dengan nyaman dan tidak perlu ke dokter mata.

Buat teman-teman, hati-hati ya kalau membuka sambal botolan, jangan dihadapkan ke mata tutupnya, agar tidak terjadi kasus seperti saya. Percaya deh, mendingan jalan-jalan keluar kota dibandingkan merasakan saos sambal masuk mata.. panas! 😦

 

Hamburg, 30 Agustus 2011

malam takbiran yang sepi di Hamburg..

 

One thought on “Tragedi Ledakan Saos Sambel

  1. bebe says:

    walaaaaah.. bisa ampe dahsyat gt.. siph deh lain kali inget2 kalo buka botol sambel.. 😀

    btw.. minal aidin yaa… maaf lahir batin.. ^__^

Leave a Reply

