My Fest on May

Minggu siang matahari terik di Berlin, namun cuaca tetap terasa dingin karena angin yang lumayan kencang. Walau demikian, tidak sedikit orang yang berangkat ke My Fest di Kreuzberg, salah satunya adalah saya. Awalnya saya tidak begitu tertarik untuk datang. Katanya ini acara musik, dalam pikiran saya hanya ada satu panggung besar di tengah lapangan luas, ternyata saya salah total. Begitu turun dari U1 di stasiun Schlesisches Tor, saya hanya menemukan sebuah panggung kecil di tengah jalanan yang ditutup untuk kendaraan bermotor. “hmm, sepertinya menarik”, pikir saya. Apa lagi orang yang mengajak saya bilang ada banyak panggung lain di sana dan terlihat sepanjang jalan penuh orang berjalan kaki. Ternyata My Fest adalah sebuah festival jalanan. Panggung tersebar di beberapa titik dan di pinggir jalanan berjejer penjual makanan juga minuman dengan rapi.

Perjalanan dilanjutkan, panggung di dekat stasiun itu pun ditinggalkan. Di samping jalan, berjejer meja penjual makanan dengan aroma yang menggiurkan. Hampir tidak ada bangku, karena kebanyakan pembeli ingin makan di taman sambil berjemur atau sambil berjalan-jalan. Di kejauhan saya mendengar musik yang irama saya tebak berasal dari Turki. Ada panggung besar di sana, di depannya banyak orang menyemut untuk sekedar menonton atau ikut menari membentuk lingkaran. Di Kreuzberg sebagian besar penduduknya berasal dari Turki, jadi tidak heran jika di sekitar panggung banyak terlihat perempuan berjilbab. Saya tidak sendiri di sini.

Tidak jauh dari panggung tersebut, ada sebuah mobil pemadam kebakaran terparkir di pinggir jalan. Di depan mobil ada tiga buah meja kecil dengan beberapa botol kosong yang dibentuk sedemikian rupa di atasnya. Ternyata di sini anak-anak bisa bermain air seakan-akan mereka pemadam kebakaran. Tiga orang anak-anak akan memegang selang menghadap ke botol-botol tersebut, ketika aba-aba diteriakkan, air akan menyala dan anak-anak harus menyemprot botol-botol itu sampai terjatuh. Menarik sekali melihat petugas pemadam kebakaran itu tertawa bersama-sama anak-anak.

Untuk menjaga ketertiban My Fest, polisi dan Tim Anti Konflik terlihat di mana-mana dengan jumlah yang tidak sedikit. Mereka mengawasi tiap aktivitas, sambil juga menikmati acara. My Fest sebenarnya adalah festival jalanan yang diselenggarakan di kota Berlin setiap tanggal 1 Mei untuk memperingati Hari Buruh, dengan harapan dapat mengurangi demonstrasi dan kerusuhan yang kerap terjadi tiap tahunnya. Festival jalanan ini sudah diadakan sejak tahun 2003 setiap tahunnya di Berlin-Kreuzberg untuk anak-anak dan anak muda, dengan menawarkan beragam acara yang berkaitan dengan kuliner dan kultur. Tahun ini terdapat 20 panggung dengan puluhan musisi dari beragam jenis musik yang ikut ambil bagian.

Awal mulanya, pada tanggal 1 Mei 1987 ada sebuah festival jalanan di Kreuzberg antara penduduk sekitar, pengunjung, dan polisi. Sayangnya sejak itu pada tanggal 1 Mei di sana selalu terjadi kericuhan. Untuk menghindarinya, mulai tahun 2002 pemerintah distrik Kreuzberg membuat alternatif acara dengan mengadakan festival jalanan dengan motto “Arbeit schaffen – Umwelt schützen – Technik sozial gestalten” atau “membuat pekerjaan – lingkungan terlindungi – terpenuhi secara teknik dan sosial”. Festival tersebut masih berlangsung sampai sekarang dengan jumlah pengunjung yang semakin bertambah dan dikenal dengan nama My Fest.

Sayangnya, walau di My Fest penduduk Berlin dan turis berpesta, tetap saja aktivis menganggu, sebagai jawabannya, ratusan polisi diturunkan untuk menjaga festival itu. Tahun ini lebih dari 7000 orang polisi disiagakan di kota Berlin untuk mengantisipasi demonstrasi, namun jumlah tersebut masih tidak berimbang dengan 10.000 orang aktivis yang melakukan long march dengan nama “Demonstrasi Revolusi 1 Mei” dari Kreuzberg ke Neukölln dan berakhir dengan ricuh di Neukölln pada hari minggu lalu. Kericuhan tersebut menyebabkan transportasi di sekitar Neukölln terganggu.

Saat ini di Jerman sudah masuk summer time, senja baru akan datang setelah pukul 20, sayangnya kaki saya lecet, sehingga saya harus pulang pada pukul 17. Di stasiun Görlitzer, saya tidak bisa segera masuk, karena polisi menutup jalan masuk agar jalan keluar lebih terbuka lebar. Ya, arus keluar memang lebih besar dari pada arus masuk saat itu. Masih banyak orang Berlin yang akan datang ke Kreuzberg untuk menikmati festival 1 Mei sampai malam. Saya yakin, mereka akan pulang dengan senyum senang, sama seperti saya.

foto-foto: pribadi

sumber: http://www.myfest36.de/vom-mayday-zum-myfest

Advertisements

One thought on “My Fest on May

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s