Dua Minggu Pertama

Enam jam ke depan berarti saya sudah sudah di sini selama tepat dua minggu. di sini maksud saya di Jerman, negara yang beberapa tahun terakhir ini saya harap bisa saya kunjungi. teman saya minggu lalu bertanya bagaimana rasanya, apa seperti dream comes true? saya jawab, biasa aja. Entah mengapa saya memang merasa biasa saja. Saat berangkat di bandara Soekarno Hatta, di pesawat, transit di KL, dan sampai di Frankfurt rasanya biasa saja, memang ada sedikit nervous, tapi sedikit. Sampai detik ini juga saya merasa biasa aja. Toh sama-sama di Bumi, yang beda hanya jarak ke rumah jadi sangat sangat jauh dan kultur negaranya.

Namun, di balik biasa saja itu saja juga menyimpan rindu yang teramat dalam ke negara saya, terutama keluarga, cuaca, dan makanan. Cuaca di sini sangat tidak bersahabat, sangat sangat dingin, menurut wetter.de malam ini di kota saya -10, tapi untungnya di rumah ada pemanas ruangan dan selimut yang tebal-tebal. Kalau keluar rumah paling repot; harus pakai baju 2 kaos dan jaket super tebal (kadang saya pake jaket ketebalan sedang dulu sebelum jaket tebal, tapi malah bikin badan berat), legging, jeans, kaos kaki, sepatu boots, syal, dan jangan lupa sarung tangan tebal. Kalau sudah begini, jadi malas keluar.

Saya tinggal dengan keluarga Arab dari Sudan, makanan kebanyakan dari Sudan. Memang mirip dengan makanan Indonesia yang banyak bumbu, tapi tetap saya ada yang tidak cocok dengan saya, seperti roti tawar disobek lalu ditaruh di mangkok, disiram dengan kuah sop ga terlalu banyak, dan dimakan dengan tangan. Saya bukan pemakan roti sejati dan ga suka dengan roti basah, jadi makanan itu yang paling benci. Selain itu, menurut saya rasa masakan Sudan terlalu asin sedikit dan kurang pedas bagi saya. Untungnya induk semang (sebut saja ibu) saya ini pintar masak, selain bikin roti kuah sop itu dia juga barengin dengan sapi panggang, jadi saya bisa makan daging sapi. Ah ya, di sini makanan saya 80% daging dan 5% sayur šŸ˜¦ biasanya ini untuk makan malam (tapi makannya jam 5 sore). Saya sudah 2x dimasakin steak dengan saos berbeda, daging sapi dan ayam panggang, kari sapi dengan kentang, pasta, salad, dan semuanya enaak. Eh kok saya jadi laper sendiri ya.. :/

Di kulkas ada sambel botolan dengan judul Sambal Oelek, tapi rasanya ga sesedap warung-warung pinggir jalan di Indonesia, asin banget! Saya yang tadinya mau sujud syukur karena nemu sambel produksi Belanda ini, malah jadi buru-buru tutup botol karena rasanya yang ga enak banget. Dan karena basa basi busuk saya yang bilang saya suka sambel ulek (eh tapi yang bikinan rumah juga sih pak), saya dibeliin lagi sambel ulek sebotol besar dengan merek berbeda, semoga rasanya mendingan..

Keluarga saya sekarang Alhamdulillah termasuk baik. Saya ditawari cicil laptop ke mereka dengan sistem potong gaji tiap bulan, sebelumnya saya bilang saya mau cicil di toko, tapi bagi mereka itu ribet dan lebih baik cara yang sekarang ini. Jadinya besok siang setelah saya mengutarakan niat saya itu, mereka membelikan laptop, dan saya pun bisa mulai internetan 24 jam lagi (di komplek perumahan yang ga besar ini ada wi fi gratis loh, asik kan?).

Baiklah, tunggu foto dan cerita saya selanjutnya ya. Salam superman!

Advertisements

5 thoughts on “Dua Minggu Pertama

  1. dinifauziah says:

    whuaaa, mbuy, jangan sampe kamu nanti kurang serat dan butuh teh yang iklannya Krisdayanti itu tuh *halah garing*
    foto yes fotoooo… Pengen liat salju šŸ™‚

  2. rusiana says:

    Hi Mariska! I saw ur mention on my twitter, and already replied. But I dunno if u can see it or not since I lock mine.:) Sooo..tanya makanan Indo ya? Simply email me (ina_luthfie@yahoo.com) klo lewat twitter ngga bisa!:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s