Pembuatan SIM Internasional

Saya akan berbagi sedikit tentang pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi) Internasional yang Jumat lalu saya bikin di kantor Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang berlokasi di Jalan Pintu 1 Senayan. Waktu itu biaya yang diminta sebesar Rp. 550.000, sesuai dengan informasi yang diberikan melaluli telepon. Prosedur pembuatannya cukup mudah, kita hanya perlu melengkapi persyaratannya, yaitu:

–          fotokopi KTP

–          fotokopi SIM

–          fotokopi paspor

–          foto 4X6 berwarna berlatar belakang biru sebanyak 4 lembar

–          dua (2) buah materai senilai Rp. 6.000.

Kalau tidak sempat membeli materai di jalan, bisa beli materai langsung di kantor IMI, hanya saja memang harganya lebih mahal, yaitu Rp.10.000. Kebetulan saya tidak sempat membawa materai, jadi saya harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 20.000 untuk dua buah materai yang masing-masing senilai Rp.6.000. Hmm kalo di kantor pos atau di tempat fotokopi, dengan menambah uang seribu bisa jadi tiga materai 😀

Menurut petugas, waktu pembuatannya selama satu minggu. Jadi SIM saya diperkirakan akan jadi hari Jumat selanjutnya, namun petugas juga meminta nomer telepon saya yang bisa dihubungi kalo SIM sudah selesai sebelum satu minggu.

Ternyata empat hari kemudian, lewat SMS mereka menginformasikan SIM sudah selesai dan sudah bisa diambil. Cepat, bukan? Mereka juga menanyakan kapan akan saya ambil dan menyarankan untuk menelepon dahulu sebelum datang untuk mengambil. Sayangnya karena bertepatan dengan Idul Adha dan saya akan mudik, saya baru Jumat besok (seminggu setelah pembuatan) akan ke sana.

Oh iya, alamat lengkap IMI:

Stadion Tenis 1

Jalan Pintu 1 Senayan

Jakarta 10270

telepon: 021-5712032

 

Semoga informasi ini bermanfaat, enjoy! 🙂

 

 

*juga ditulis di http://www.sipipaw.multiply.com*

3 thoughts on “Pembuatan SIM Internasional

Leave a Reply

